gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pilihan Bahan Kanopi Transparan untuk Pencahayaan Optimal!

Thu Mar 21 2024

Pilihan Bahan Kanopi Transparan untuk Pencahayaan Optimal!

Thu Mar 21 2024


Kanopi transparan telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin memberikan sentuhan estetika yang elegan dan fungsionalitas yang maksimal pada bangunan mereka. Material ini menawarkan keindahan yang unik, sementara juga memberikan perlindungan dari cuaca dan sinar matahari yang berlebihan. 

Baca juga: Begini Cara Memilih Atap Transparan Solartuff

Kanopi-Transparan
Sumber: Behance.net

Kalau Anda pengin terhindar dari hujan, tapi masih ingin dapet sinar matahari yang baik, Anda bisa pakai kanopi yang penutup atapnya transparan. Kanopi transparan ini bisa kita pasang jadi topi-topi jendela, bisa juga jadi atap teras, garasi, atau carport.

Apa Tujuan Memasang Atap Transparan?

Atap transparan memiliki potensi untuk mengubah suasana ruangan dan meningkatkan estetika hunian Anda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan atap transparan juga membawa dampak terhadap suhu dan pencahayaan dalam ruangan. Jadi, sebelum Anda melangkah lebih jauh, pertimbangkan dengan cermat manfaatnya dan pertimbangan material yang sesuai agar tetap nyaman di dalam rumah, terhindar dari panas berlebihan, dan menjaga cahaya yang masuk sesuai dengan preferensi Anda.

Baca juga: Perbedaan Carport dan Garasi: Apa itu?

Kelebihan dan Kekurangan Kanopi Transparan

Kelebihan Atap Transparan

  • Cahaya matahari dapat masuk menyinari ke dalam ruangan sebagai cahaya alami, menciptakan suasana terang dan menyegarkan.
  • Karena banyak cahaya matahari yang masuk, kamu dapat menghemat listrik yang biasanya digunakan untuk pencahayaan di siang hari.
  • Menjaga suhu ruangan tetap stabil dengan memanfaatkan panas matahari secara efisien.
  • Mengurangi polusi udara dengan memaksimalkan penggunaan cahaya alami, mengurangi ketergantungan pada pencahayaan buatan yang menggunakan listrik.
  • Memberikan tampilan lebih estetik dan modern pada bangunan, menambah nilai visual dan daya tarik arsitektur.

Kekurangan Kanopi Transparan

  • Biaya bahan dan pemasangan yang relatif mahal dibandingkan dengan atap konvensional, karena menggunakan material khusus yang transparan dan memiliki teknik pemasangan yang lebih kompleks.
  • Perawatan atap transparan relatif sulit karena membutuhkan perhatian ekstra untuk membersihkan dan merawatnya agar tetap bersih dan jernih.
  • Privasi penghuni dapat berkurang karena transparansi atap, sehingga memungkinkan orang di luar bangunan untuk melihat ke dalam. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi mereka yang mengutamakan privasi dalam ruangan.

Apa Saja Jenis Material untuk Kanopi Transparan?

Bicara Apa aja jenis material yang oke buat kanopi transparan, berikut adalah sejumlah material yang populer digunakan!

  1. Polycarbonate
    Polycarbonate adalah material kanopi yang paling banyak digunakan, dan paling banyak macamnya. Kalau dulu atap polikarbonat hanya bisa translusen (semi transparan), sekarang sudah ada yang bisa sebening kaca. Atap polycarbonate ini fleksibel, ringan, dan mudah dipasang.
  2. Acrylic

    Kanopi akrilik bening ini tidak sefleksibel polycarbonate, tapi kokoh, mudah dipotong, dan bisa memberi tampilan sebening kanopi kaca. Kanopi akrilik juga cenderung tidak berisik saat terkena hujan. Sayangnya, kanopi akrilik cukup mudah tergores yang bisa mengurangi kejernihan transparannya, jadi tidak disarankan untuk jadi kanopi di tempat yang dekat dengan pohon.

Baca Juga: Begini Keunggulan Penerapan Kanopi Kayu pada Hunian

  1. Tempered Glass

    Kanopi tempered glass ini cocok untuk area yang selalu terpapar matahari dan terkena fluktuasi temperatur yang cukup ekstrim, karena sifatnya yang tahan suhu tinggi. Kanopi tempered glass juga tahan terhadap goresan, jadi beningnya tahan lama. Sayangnya, kanopi tempered glass ini cenderung berat sehingga tidak disarankan untuk kanopi gantung atau kantilever yang terlalu panjang.

Pilih jenis kanopi yang tepat dan percayakan pemasangannya pada ahlinya, ya!


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel