gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pedoman Pemilihan Epoxy Mortar Secara Mudah

Tue Sep 26 2023

Pedoman Pemilihan Epoxy Mortar Secara Mudah

Tue Sep 26 2023


Banyak orang awam yang masih kurang familiar atau bahkan baru mendengar tentang Epoxy Mortar. Sebelum memutuskan untuk menggunakan Epoxy Mortar, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu. Yuk simak bersama penjelasan tentang Epoxy Mortar!

Apa itu Epoxy Mortar dan bagaimana cara kerjanya?

Epoxy Mortar adalah bahan konstruksi yang terdiri dari campuran epoxy resin, hardener, dan agregat halus atau pasir. Bahan ini digunakan untuk membantu memperbaiki, mengisi, atau menutup permukaan pada lantai atau dinding yang rusak atau tidak rata. Cara kerja Epoxy Mortar cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan kedua bahan dasar tersebut hingga merata, kemudian diaplikasikan pada permukaan yang akan di-coating.

Kelebihan Epoxy Mortar dibandingkan dengan bahan sejenis lainnya

Epoxy Mortar memiliki kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap beban berat, goresan, atau benturan. Bahan ini juga tahan terhadap korosi, cuaca, dan sinar UV, sehingga dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak. Selain itu juga tahan air dan bahan kimia sehingga cocok untuk digunakan pada permukaan yang sering terkena air atau bahan kimia, seperti pada lantai dapur, kamar mandi, atau tempat produksi industri. Bahan ini mudah dibersihkan dan dirawat dan mudah diaplikasikan pada permukaan yang tidak rata atau bergelombang juga dapat membantu meningkatkan penampilan dan daya tarik visual dari bangunan atau ruangan karena tersedia dalam warna dan pola yang menarik.

Cara Memilih Epoxy Mortar

Berikut hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih Epoxy Mortar:

  1. Pilih jenis Epoxy Mortar sesuai dengan jenis permukaan yang akan diaplikasikan. Misalnya, permukaan beton memerlukan Epoxy Mortar dengan kekuatan tinggi, sedangkan permukaan kayu memerlukan jenis yang lebih fleksibel. 
  2. Perhatikan kekuatan dan ketahanan, biasanya Epoxy Mortar memiliki harga yang lebih tinggi, tetapi dapat memberikan hasil yang lebih tahan lama.
  3. Pilih jenis yang memiliki sifat anti slip, hal ini akan membantu mencegah tergelincir dan menjaga keselamatan pengguna.
  4. Pastikan untuk memilih jenis Epoxy Mortar yang memiliki waktu pengeringan yang sesuai dengan jadwal proyek.
  5. Pastikan untuk memilih jenis yang sesuai dengan anggaran dan ketersediaan di pasar.

Cara mengaplikasikan Epoxy Mortar

Pastikan permukaan sudah bersih dari kotoran, minyak, dan debu. Campurkan resin dan hardener sesuai dengan instruksi, setelah itu aplikasikan campuran tersebut pada permukaan dengan menggunakan kuas atau rol, dan ratakan hingga merata dan biarkan hingga mengering dan siap digunakan. Hindari mengaplikasikan Epoxy Mortar pada permukaan yang terlalu dingin atau terlalu lembab, karena hal ini dapat mempengaruhi kualitas hasil akhir.

Merawat Epoxy Mortar agar awet

Merawat lantai dengan epoxy mortar dengan tepat adalah kunci untuk mempertahankan tampilannya yang indah dan tahan lama. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Sapu atau Vacuum Cleaner: Gunakan sapu lembut atau vacuum cleaner dengan peralatan penutup lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran dari permukaan lantai. Ini adalah langkah penting untuk mencegah partikel-partikel kecil yang dapat merusak lantai.
  • Hindari Alat Pembersih Kasar: Jangan menggunakan alat pembersih yang kasar seperti sikat berbulu kasar atau alat pembersih berbasis kertas. Alat-alat ini dapat merusak lapisan atas lantai epoxy.
  • Pembersih Aman: Pastikan untuk menggunakan pembersih yang direkomendasikan oleh produsen lantai vinyl atau pembersih yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya atau abrasif. Jangan gunakan pemutih atau bahan kimia yang kuat yang dapat merusak permukaan.
  • Pembersihan Berkala: Lakukan pembersihan permukaan secara berkala, setidaknya seminggu sekali atau sesuai dengan petunjuk produsen. Jangan biarkan kotoran menumpuk atau mengendap dalam waktu lama, karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada lantai vinyl.

Dengan menjaga epoxy mortar Anda bersih dan bebas dari kerusakan potensial, Anda dapat memastikan bahwa lantai tetap cantik dan awet untuk tahun-tahun yang akan datang.

Penulis: Mia Aisyah Putri


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel