gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pembangunan dan Arsitektur GPIB Immanuel Jakarta

Mon Dec 11 2023

Pembangunan dan Arsitektur GPIB Immanuel Jakarta

Mon Dec 11 2023


Sebagai salah satu bangunan tempat peribadatan yang ikonik, Gereja merupakan bangunan yang banyak ditemukan di sejumlah wilayah Indonesia. Tidak hanya bangunan-bangunan lama, bangunan Gereja baru juga kini mudah ditemukan dikarenakan kebhinekaan Indonesia yang mengakomodasi tiap umat beragama. Meskipun tidak sebanyak tempat peribadatan yang lain, berdasarkan data pemerintah RI, kini sudah ada sekitar puluhan ribu bangunan Gereja yang beroperasi di Indonesia.

Baca juga: Begini Syarat Mengurus IMB di Jakarta

Dimana Lokasi GPIB Immanuel Jakarta Berada?

GPIB Immanuel Jakarta diketahui berlokasi di Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Adapun alamatnya sendiri berlokasi di Jalan Medan Merdeka Timur No.10, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Jika diurut rutenya, Gereja di Jakarta Pusat ini hanya berjarak kurang dari 5 km atau sekitar 10 menit dari pusat Kota Jakarta Pusat. Gereja ini diketahui sangat mudah untuk ditemukan karena berlokasi strategis dekat pusat keramaian / berlokasi di dekat jalan raya utama wilayah tersebut.

Pembangunan GPIB Immanuel Jakarta

Gereja Immanuel pertama kali didirikan melalui kesepakatan antara jemaat Reformed dan Lutheran di Batavia. Proses pembangunannya dimulai pada tahun 1834 sesuai rencana yang disusun oleh J.H. Horst. Tanggal 24 Agustus 1835 ditandai sebagai awal peletakan batu pertama. Setelah empat tahun berlalu, pada tanggal yang sama tahun 1839, proyek pembangunan berhasil rampung.

Arsitektur gereja ini mengikuti gaya Imperial, yang merupakan bagian dari aliran Neo Klasik dan dipengaruhi oleh elemen-elemen Barok dan Rokoko, terutama dalam desain interiornya.

Bangunan gereja ini memiliki bentuk yang luas dengan tata letak simetris berbentuk lingkaran, lengkap dengan empat pintu masuk, atap kubah, dan struktur dinding yang terbuat dari susunan bata yang dilapisi dengan campuran kapur dan pasir. Tinggi lantai gereja juga ditinggikan sebesar 3,2 meter dari permukaan halaman.

Spesifikasi GPIB Immanuel Jakarta

Secara keseluruhan, adapun kompleks bangunan GPIB Immanuel Jakarta memiliki area yang cukup sangat luas yang terdiri dari bangunan Gereja dan sejumlah area terbuka yang fungsional. Adapun kapasitasnya sendiri dapat menampung sekitar 800 jemaat pada acara-acara besar atau peribadatan reguler.

Informasi Misa Natal 2023 di GPIB Immanuel Jakarta

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya, GPIB Immanuel Jakarta diketahui menjadi salah satu tempat populer untuk perayaan misa Natal di Jakarta Pusat yang diselenggarakan tahunan seperti tahun 2023 ini.


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel