gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pentingnya Proses Curing untuk Keandalan Pondasi

Wed Feb 21 2024

Pentingnya Proses Curing untuk Keandalan Pondasi

Wed Feb 21 2024


Pernahkah anda melihat sebuah momen sebuah jalanan ditutup oleh plastik atau disemprot sebuah cairan dalam proses pembangunan? Anda pasti bertanya-tanya sebenarnya untuk apa diberlakukan hal tersebut. Izinkan Gravel menjawabnya, ya!

Baca Juga: Apa itu Self Healing Concrete?

Proses ini pada dasarnya merupakan fase finishing yang sangat penting dilakukan dalam pembangunan jalan atau pemasangan beton yang merupakan material pembuatnya. Proses ini dikenal dengan nama curing beton.

banner-konsultasi.png

Apa itu Curing Pada Beton?

Curing beton adalah proses perawatan beton yang dilakukan untuk menjaga agar beton tetap lembab dan dalam kondisi yang baik selama periode pematangan/pengerasan. Proses ini sangat penting karena beton memerlukan cukup kelembaban untuk mencapai kekuatan yang diinginkan dalam waktu yang cepat. Tanpa proses curing yang baik, beton mungkin tidak akan mencapai kekuatan yang maksimal dan berpotensi mengalami kerusakan (retak). 

Tujuan Teknik Curing Beton

banner-maintenance copy.png

Bicara tentang mengapa curing pada beton harus dilakukan tentunya berlandaskan dari tujuan pengaplikasian metode curing beton tersebut tersendiri. Berikut adalah tujuan teknik curing pada beton:

  • Memastikan beton memperoleh kekuatan yang maksimal dalam waktu yang cepat
  • Mencegah retak pada beton yang belum sempurna
  • Meningkatkan daya tahan beton terhadap air dan cuaca
  • Memperpanjang umur dari beton.
  • Memelihara kelembaban dalam beton selama proses pematangan
  • Memperlambat pengeringan permukaan beton
  • Mencegah terjadinya kontraksi yang tidak diinginkan pada beton

Kapan Curing Beton Dilakukan?

Waktu yang tepat untuk curing beton adalah setelah beton dicor dan sebelum beton mengering, biasanya selama 7 hari setelah pembuatan beton. Namun, waktu yang tepat dapat berbeda-beda tergantung pada faktor cuaca dan kondisi lokasi yang berbeda. Rekomendasi dari ACI (American Concrete Institute) adalah minimal 7 hari curing.

Web Banner_Gravel Borongan.png

Apa Saja Metode Curing Beton?

Mari kita telusuri dengan cermat proses curing beton yang penting ini. Setiap langkahnya memiliki peran khusus dalam memastikan bahwa beton akan mencapai kekuatan dan ketahanan yang optimal. Panduan ini akan menjelaskan setiap tahap dengan detail, sehingga Anda dapat memahami dan memastikan pondasi yang kokoh dan tahan lama.

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png
  • Water Curing

Meliputi pembasahan permukaan beton dengan air atau bahan kimia curing untuk menambah kelembaban dalam beton dan mempercepat pembentukan kristal-kristal kalsium hidroksida.

  • Coating Curing

Meliputi metode pelapisan permukaan beton dengan cairan senyawa kalsium klorida untuk mengawetkan beton.

  • Membran Curing

Meliputi penutupan atau pembungkusan beton dengan membran seperti plastik atau kain yang diikat erat untuk menjaga kelembaban dan mencegah pengeringan yang cepat.

  • Heating Curing

Merupakan teknik curing beton yang melibatkan pemasangan peralatan pemanas untuk menguapi beton yang digunakan untuk menjaga suhu dan kelembaban yang sesuai pada beton. Metode ini biasanya digunakan di area-area jalan yang memiliki suhu rendah (dataran tinggi) atau memiliki musim dingin.

Berapa Lama Curing Beton Diaplikasikan?

Jika Anda bertanya curing beton berapa lama untuk dilakukan? Pengaplikasiannya sangat bergantung pada tingkat kekuatan atau tekanan dari beton yang diharapkan. Secara sederhana, untuk beton tekanan rendah biasanya membutuhkan waktu 10-12 jam (suhu 40-50 derajat celcius), lainnya untuk beton bertekanan tinggi biasanya membutuhkan waktu 10-16 jam (suhu 65-95 derajat celcius).

Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Proses Curing

Pemantauan faktor lingkungan seperti suhu dan kelembaban udara sangat penting dalam proses curing beton. Suhu yang ekstrem atau kelembaban yang tidak sesuai dapat mengganggu pengerasan beton, mempengaruhi kekuatannya. Kontrol yang tepat terhadap lingkungan akan memastikan bahwa curing berlangsung optimal, menghasilkan beton yang kuat dan tahan lama. Hal ini merupakan langkah krusial dalam memastikan integritas struktural bangunan.

Berapa Lama Beton Kering Sempurna?

Waktu yang dibutuhkan untuk beton kering sempurna dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti jenis campuran beton dan ketebalan beton yang dihasilkan. Secara umum, beton membutuhkan waktu antara 28 hingga 30 hari untuk mencapai kekuatan maksimal dan kekeringan sempurna. Namun, pada kondisi cuaca dan lingkungan tertentu, beton dapat mengeras dan kering lebih cepat atau lambat.
 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel