gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengapa Penting Menggunakan Cat Dasar untuk Tembok?

Thu Apr 04 2024

Mengapa Penting Menggunakan Cat Dasar untuk Tembok?

Thu Apr 04 2024


Cat dasar tembok adalah salah satu bahan yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan renovasi rumah atau bangunan baru. Cat dasar tembok memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan lapisan pertama pada dinding sebelum pengaplikasian cat akhir. 

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual cat 2024

Cat dasar tembok atau biasa disebut cat primer ini merupakan pelapis yang diaplikasikan sebelum dilakukan proses pengecatan dinding. Fungsinya adalah agar cat selanjutnya dapat menempel sempurna dan memberikan perlindungan pada lapisan cat agar tidak mudah kotor dan terkelupas. 

Apakah Cat Tembok Harus Pakai Cat Dasar?

Menggunakan cat dasar pada tembok dapat membuat warna dan kualitas cat yang diaplikasikan menjadi lebih bagus. Sayangnya, karena alasan hemat biaya dan tenaga, kebanyakan orang sengaja melewatkan aplikasi cat dasar tembok sebelum pengecatan. 

Berikut tiga alasan penting yang membuat cat dasar tembok penting diaplikasikan sebelum pengecatan warna pilihan: 

  1. Menjaga daya tahan cat warna dan melindungi tembok dari potensi masalah dinding, seperti jamur, lumut, cat mengapur, dinding lembab, bahkan pengelupasan cat. 
  2. Memberikan hasil warna cat yang optimal. Tanpa cat tembok dasar, warna dinding acian, batu bata maupun material lain dapat memengaruhi hasil akhir pengecatan. 
  3. Menyembunyikan cacat pada tembok, misal warna permukaan  tembok asli tidak merata. Cat dasar tembok memiliki alkali resisting primer acrylic yang dapat menutup pori-pori pada dinding sehingga permukaan tembok menjadi lebih halus dan rata.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok yang Benar?

Jenis-jenis Cat Dasar

Berikut dua jenis cat dasar tembok yang biasanya digunakan untuk mempersiapkan proses pengecatan warna agar hasilnya lebih optimal.

  • Wall Sealer Primer
cat-dasar-tembok

Wall sealer primer  diperuntukkan untuk dinding yang  sudah pernah dicat. Fungsi  cat ini adalah mempersiapkan dinding untuk kembali dicat supaya dapat menempel dengan sempurna.

  • Waterproofing Sealer
cat-dasar-tembok

Waterproofing sealer  dapat diaplikasikan pada dinding yang lembab. Cat dasar ini bisa memberi pertahanan terhadap kelembaban yang tinggi, supaya dinding gak mudah rembes. Selain itu waterproofing sealer ini bisa membantu menutupi pori-pori pada dinding.

Apa Beda Cat Dasar Tembok dan Plamir?

Cat dasar tembok dan plamir merupakan dua bahan yang berbeda dalam proses pengecatan. Cat dasar membantu memperkuat daya rekat cat akhir pada permukaan dinding, menyamarkan warna permukaan dinding, dan menambah keawetan cat pada permukaan dinding. Sedangkan plamir lebih memfokuskan pada permukaan dinding yang kasar atau berpori untuk menghasilkan permukaan yang halus dan rata sebelum pengecatan.

Apakah Boleh Mengecat Tembok Tanpa Cat Dasar atau Plamir?

Sebaiknya tidak mengecat tembok tanpa cat dasar atau plamir terlebih dahulu, karena plamir dan cat dasar berfungsi untuk menyamarkan ketidakrataan permukaan tembok, membuat cat lebih mudah menempel, dan mengurangi konsumsi cat. Hal ini juga dapat memperpanjang umur cat dan membuat hasil cat lebih halus dan rata.

Apa yang Dimaksud dengan Cat Dasar 1, 2, 3, dan 4 dan Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Mencampur Warna?

Cat dasar 1, 2, 3, dan 4 adalah jenis cat yang dirancang untuk mencampur warna. Biasanya, base 1 digunakan untuk warna pastel, base 2 untuk warna yang sedikit lebih gelap, dan base 4 untuk warna yang sangat gelap.


Kamu Mungkin Suka

image

Atap Rumah Limasan: Bisa Punya Ruang Loteng di Rumah

Senin, 15 Juli 2024

image

Rekomendasi 2024 Plafon Anti Air Terbaik untuk Hunian Anda

Senin, 15 Juli 2024

image

Cek 5 Tips Bikin Kamar Tidur Utama Super Mewah & Nyaman

Senin, 15 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel