gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Begini Cara Sederhana Membuat Kolam Renang di Rumah

Mon Sep 18 2023

Begini Cara Sederhana Membuat Kolam Renang di Rumah

Mon Sep 18 2023


Punya kolam renang di rumah memang bikin rumah jadi kelihatan mewah dan lebih segar. Tapi, bikin kolam renang ini ternyata gak sekedar kayak bikin bak mandi yang digedein aja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau mau bikin kolam renang di rumah!

Baca Juga: Punya Kolam Renang? Ini Dia Tips Perawatan yang Paling Efektif!

Langkah Langkah Cara Membuat Kolam Renang Yang Mudah

  • Pemilihan lokasi

Langkah pertama cara membuat kolam renang yakni pemilihan lokasi yang tepat. Pemilihan lokasi ini penting banget karena bisa mempengaruhi struktur bangunan, struktur kolam renang dan juga sirkulasi air. Beberapa opsi kategori antara lain yakni; 1) Kolam renang outdoor 2) Kolam renang indoor di lantai dasar 3) Kolam renang lantai atas yang tidak menempel dengan tanah

Baca Juga: Inspirasi Kolam Minimalis Depan Rumah 2024

  • Struktur Kolam

Dari semuanya, kolam renang outdoor dan kolam renang di lantai dasar adalah yang paling mudah dibuat, karena beban struktur kolam dan beban air akan ditopang oleh tanah. Sedangkan pada kolam yang terletak di lantai atas, kita harus memperhitungkan struktur bangunan agar dapat menopang beban air yang cukup besar. Untuk diketahui, massa 1m3 kubik air sama dengan 1 ton.

  • Tentukan kedalaman

Untuk kolam dewasa, standar kedalamannya sekitar 1,5 meter. Kalau akan ada anak-anak yang menggunakan kolamnya, kita bisa membuat kiddie pool terpisah dengan kedalaman 30-50cm, atau membuat dasar kolam yang menanjak, dengan bagian terdangkal sekitar 50-70cm.

  • Pertimbangkan sistem sirkulasi air kolam renang

Pada dasarnya, terdapat 2 jenis sirkulasi kolam renang yaitu skimmer dan overflow.

  • Sistem skimmer cocok untuk kolam renang indoor atau berukuran kecil, di mana dinding kolam dibuat lebih tinggi dari permukaan air sehingga air kolam tidak banyak berkurang saat dipakai berenang. Air di dalam kolam akan disaring dengan skimmer di dinding kolam, dibersihkan di dalam filter tank dan dialirkan kembali ke kolam renang.
  • Sistem overflow bekerja dengan cara menampung air yang tumpah ke dalam gutter (saluran air di sekeliling kolam). Air di dalam bak penampung ini akan disaring, kemudian dilepas kembali ke dalam kolam renang.

Baca juga: Tips Memilih Keramik Mozaik untuk Kolam Renang

  • Jangan Lupakan Waterproofing!

Air kolam renang tidak boleh sampai bocor dan rembes ke luar, terlebih pada kolam renang di lantai atas. Sebelum finishing dengan keramik, kita harus menggunakan lapisan waterproofing berbasis semen atau epoxy. Langkah ini sering tidak dimaksimalkan dalam cara membuat kolam renang. So, maksimalkan ya!

Baca juga: Apa itu Epoxy Mortar yang diaplikasikan di Lantai Bangunan?

Berapa Standar Ukuran Kolam Renang di Rumah?

Kolam renang rumah biasanya berukuran 3x7 meter, dengan kedalaman 60 cm hingga 2,5 meter. Jika lahan cukup luas, pilihan 5x12 meter atau 4x10 meter juga bisa dipertimbangkan.


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel