gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Apa itu Biofilter Septic Tank dan Bedanya dengan Konvensional?

Fri Nov 10 2023

Apa itu Biofilter Septic Tank dan Bedanya dengan Konvensional?

Fri Nov 10 2023


banner-maintenance copy.png

Apa itu Biofilter Septic Tank

Bicara apa itu septic tank biofilter, Biofilter septic tank adalah sistem pengolahan limbah domestik yang berfungsi untuk mengolah limbah manusia dengan biokontak anaerob dimana proses penyaringannya diketahui paling ramah lingkungan.

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Cara Kerja Biofilter Septic Tank

Sesuai namanya, Biofilter Septic Tank ini menggunakan filter dan bakteri untuk menyaring dan mengurai kotoran. Filter dan bakteri ini akan menguraikan limbah tinja menjadi limbah cair, yang kemudian akan diberi disinfectant, sehingga menjadi cairan yang lebih aman untuk diresapkan ke tanah atau dibuang ke drainase kota.

banner-pesan-tukang copy.png

Perbedaan Biofilter Septic Tank dengan Septic Tank Konvensional

  • Lokasi Penempatan

Septic tank biasa wajib diletakkan setidaknya 10 meter dari sumur air bersih supaya air tinja tidak mengkontaminasi air bersih. Septic tank tidak membutuhkan jarak sejauh ini karena tangki biofilter 100% kedap air. Kalau kita memiliki lahan terbatas, Biofilter Septic Tank jelas lebih hemat lahan.

Web Banner_Gravel Borongan.png

  • Cara Pemasangan Biofilter Septic Tank

Septic tank konvensional dibuat dari bata & semen ataupun beton. Setelah septic tank jadi, kita harus menunggu sampai dinding septic tank kering sempurna supaya bisa dipakai, dan harus menggunakan waterproofing supaya air tinja tidak merembes ke tanah. Sedangkan Biofilter Septic Tank bisa langsung digunakan setelah terpasang.

Baca juga: Cara Membuat Septic Tank yang Benar

Apakah Biofilter Septic Tank Perlu Dikuras?

Perlukah biofilter dikuras? Jawabannya adalah tergantung dan tidak perlu rutin dikuras. Biofilter Septic Tank cenderung butuh waktu lama untuk jadi penuh dibanding septic tank konvensional karena limbah cairnya dapat langsung dibuang ke saluran drainase, sehingga tidak perlu dikuras secara rutin, bahkan hingga bertahun-tahun! Lalu, jika tidak perlu dikuras, bagaimana cara maintenance Biofilter Septic Tank?

Perawatan bio septic tank yang harus dilakukan adalah mengganti bakteri pengurai secara berkala, minimal setahun sekali. Hal ini dilakukan supaya jumlah bakteri yang ada di bio septic tank tetap berkembang biak dan banyak, sehingga penguraian kotoran akan semakin efektif.

Selain penggantian bakteri pengurai, kita juga harus mengganti tablet disinfektan. Gantilah tablet disinfektan secara berkala setiap 6 bulan sekali, supaya air yang dibuang tetap bersih dan ramah lingkungan.

Risiko atau Masalah yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Biofilter Septic Tank

Dalam penggunaan biofilter septic tank, ada beberapa risiko atau masalah yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Kemungkinan kebocoran atau rembesan limbah jika sistem tidak dirawat dengan baik
  • Potensi penumpukan lumpur atau bahan padat di dalam biofilter yang dapat mengganggu kinerjanya
  • Penggunaan bahan kimia atau obat-obatan tertentu yang dapat membahayakan mikroorganisme yang berperan dalam penguraian limbah
  • Kemungkinan terjadinya masalah drainase atau aliran limbah yang tidak lancar akibat penyumbatan atau kerusakan biofilter
  • Potensi kontaminasi air tanah jika biofilter septic tank tidak terpasang dengan benar atau terdapat retakan pada sistem
  • Gangguan pada lingkungan sekitar jika sistem biofilter septic tank tidak memadai atau tidak memenuhi persyaratan lokal yang berlaku


 


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel