gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pembangunan dan Arsitektur Masjid Al Mashun Medan

Thu Aug 03 2023

Pembangunan dan Arsitektur Masjid Al Mashun Medan

Thu Aug 03 2023


Sebagai salah satu bangunan tempat peribadatan yang ikonik, Masjid merupakan bangunan yang banyak ditemukan di sejumlah wilayah Indonesia. Tidak hanya bangunan-bangunan lama, bangunan Masjid baru juga kini mudah ditemukan dikarenakan kebhinekaan Indonesia yang mengakomodasi tiap umat beragama. Meskipun tidak sebanyak tempat peribadatan yang lain, berdasarkan data pemerintah RI, kini sudah ada sekitar ratusan ribu bangunan Masjid yang beroperasi di Indonesia.

Dimana Lokasi Masjid Al Mashun Berada?

Masjid Al Mashun diketahui berlokasi di Medan, Sumatera Utara. Adapun alamatnya sendiri berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No 61, Medan. Jika diurut rutenya, Masjid di Medan ini hanya berjarak kurang dari 5 km atau sekitar 5-10 menit dari pusat kota Medan. Masjid ini diketahui sangat mudah untuk ditemukan karena berlokasi strategis dekat pusat keramaian / berlokasi di dekat jalan raya utama wilayah tersebut.

Pembangunan Masjid Al Mashun

Bicara siapa yang membangun Masjid Al Mashun, Masjid Al Mashun dibangun pada 1906 hingga 1909 pada masa pemerintahan Sultan Ma'mum Al Rasyid Perkasa Alam dengan melibatkan 2 arsitek Belanda Theodoor van Erp dan J.A Tingdeman. Masjid ini dikembangkan dengan gaya arsitektur campuran dari berbagai gaya. Beberapa gaya yang dapat ditemukan yakni gaya arsitektur melayu, timur tengah, india, maroko, dan andalusia (Spanyol). Bangunan masjid sendiri dibangun berbentuk segi delapan dengan empat sayap di masing-masing arah mata angin. Warna dari Masjid ini didominasi oleh warna putih di bagian eksterior dengan kubah berwarna abu-abu gelap, serta warna emas di bagian interior. 

Spesifikasi Masjid Al Mashun

Secara keseluruhan, adapun kompleks bangunan Masjid Al Mashun memiliki luas sebesar 5000 m2 di atas lahan seluas 18 ribu meter persegi yang terdiri dari bangunan Masjid dan sejumlah area terbuka yang fungsional. Masjid Raya Medan ini diketahui memiliki kapasitas menampung jamaah hingga 15 ribu atau yang paling terbesar di Kota Medan.

Gelaran Buka Puasa Bersama di Masjid Al Mashun

Sejak dahulu Masjid Al Mashun biasanya mengadakan gelaran buka puasa bersama sebagai bentuk kebersamaan dan solidaritas umat Muslim dalam berpuasa di bulan Ramadhan. Sempat vakum saat Covid-19, Masjid Al Mashun diketahui menjadi salah satu tempat buka puasa di Medan yang terpopuler. Bagi para pengunjung, selain dapat menikmati hidangan berbuka puasa yang disediakan oleh panitia, salah satu tempat buka puasa di Medan terpopuler ini juga dikelilingi oleh jajanan kaki lima yang beraneka ragam.

Informasi Sholat Idul Adha di Masjid Al Mashun

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya, Masjid Al Mashun diketahui menjadi salah satu tempat populer untuk sholat Jumat di Medan yang diselenggarakan secara rutin seperti pada tahun 2023 ini.

Daftar Masjid dengan Arsitektur Terbaik 2023


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel