gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Arsitektur Jengki: Menyingkap Makna dan Jejak Sejarahnya

Fri Mar 15 2024

Arsitektur Jengki: Menyingkap Makna dan Jejak Sejarahnya

Fri Mar 15 2024


Arsitektur Jengki menarik perhatian sebagai fenomena dalam arsitektur modern Indonesia. Ia menjadi ikon urban yang merefleksikan sejarah dan budaya Indonesia. Bagaimana karakteristiknya? Mari kita telusuri!

Baca Juga: Apakah Low Rise Apartment Lebih Murah Dibanding Apartemen Biasa?

Apa itu Arsitektur Jengki?

Arsitektur jengki merupakan jenis gaya arsitektur khas Indonesia yang menginterpretasikan konsep bangunan tropis yang terinspirasi dari gaya kolonial atau seperti gaya rumah suburbia Amerika. Kata 'Jengki', sendiri diambil dari kata 'Yankee'. Arsitektur jengki sendiri merupakan gaya arsitektur modernis pascaperang yang dikembangkan di Indonesia setelah kemerdekaan di tahun 1945. Melambangkan ekspresi semangat kebebasan masyarakat Indonesia karena momen kemerdekaannya, gaya ini terbilang laku di Indonesia antara akhir tahun 1950-an hingga awal 1960-an.

Sejarah Arsitektur Jengki

Di awal masa-masa kemerdekaan sekitar tahun 1950-1960an terjadi perkembangan pesat terutama dibidang pembangunan nasional. Ditengah-tengah ini semua, muncul sebuah gaya arsitektur yang dikenal sebagai arsitektur jengki.

Arsitektur jengki ini cukup mencolok karena berbeda dari kaidah arsitektur pada zaman itu, jarang sekali terlihat seimbang (balanced) atau bahkan ada kesatuan (unity).

Meskipun baik, sayangnya arsitektur jengki ini tidak berumur panjang. Namun, beberapa peninggalan arsitektur jengki ini dapat dilihat di sejumlah wilayah pada wilayah Surabaya. Surabaya bisa dikatakan menjadi salah satu kota yang berhasil memiliki dan merawat ragam bangunan dari arsitektur jengki ini.

Apa Saja Karakteristik Arsitektur Jengki?

Adapun prinsip arsitektur jengki yang dikembangkan para arsitek pasca kemerdekaan diketahui menelurkan sejumlah karakteristik gaya arsitektur yang khas. Beberapa poin diantaranya yakni;

  • Atap Pelana

Atap pelana berarti memiliki 2 sisi atap yang cenderung simetris. Pada arsitektur jengki pemakaian atap pelana ini disertai dengan jalusi sebagai ventilasi pertukaran angin.

  • Fasad yang Miring

Salah satu style yang menarik dari arsitektur jengki adalah bentuk fasadnya yang miring dan membentuk sudut untuk menyesuaikan bentuk atap pelana.

  • Roster

Pemakaian roster juga diterapkan dalam arsitektur jengki. Roster banyak dipakai sebagai pengganti dinding supaya sirkulasi udara jadi makin lancar dan bikin ruangan jadi lebih terang.

  • Teras

Seperti tipikal rumah pada zaman dahulu, arsitektur jengki juga menerapkan adanya teras/beranda yang luas dan dinaungi teritisan yang cukup dalam sebagai penyeimbang dalam bangunan.

  • Elemen Dekoratif

Elemen dekoratif yang dimaksud adalah ornamen-ornamen dekoratif seperti pada lis atap, ventilasi - jendela dan pintu, serta detail dekoratif lainnya.
 


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel