gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pencahayaan Circadian: Solusi Mood Positif Selama Beraktivitas

Fri Jul 26 2024

Pencahayaan Circadian: Solusi Mood Positif Selama Beraktivitas

Fri Jul 26 2024


Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Tahukah Anda jika pencahayaan dalam sebuah ruangan tidak cuma berpengaruh ke mata, tapi juga ke siklus tubuh kita? Ini tentu dapat berdampak pada kondisi mood dan relaksasi tubuh kita.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Apa itu IP Rating dalam Sistem Pencahayaan Luar Ruangan

Dalam hakikatnya, sebagian besar aktivitas masyarakat diketahui banyak dilakukan di dalam ruangan. Tidak heran jika manusia jadi sangat tergantung dengan pencahayaan artifisial seperti lampu misalnya. Pengaplikasian pencahayaan artifisial yang baik ternyata tidak hanya 'yang penting terang', namun juga harus diatur dengan baik. Salah satu riset mengatakan, sebaik-baiknya pencahayaan artifisial dalam ruangan adalah yang memperhatikan sistem sirkadian manusia (circadian rhytm). Oleh karena itu, munculah sebuah konsep bernama circadian lighting.

Baca juga: Begini Cara Menaikkan Daya Listrik Terbaru (Update Maret 2024)

banner-maintenance copy.png

Apa itu Circadian Lighting

Bicara tentang apa itu circadian lighting, circadian lighting adalah sistem pencahayaan yang dirancang untuk memiliki dampak biologis pada sistem sirkadian manusia. Pencahayaan sirkadian mengirimkan sinyal ke syaraf utama di otak, dimana dapat memberi tahu tubuh kita kapan siang dan malam dan fungsi apa yang harus dilakukan pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Teknologi Smart Lighting System

banner-pesan-tukang copy.png

Cara Mendesain Sistem Circadian Lighting yang Efektif dalam Ruangan Pada Rumah

Langkah-langkah dalam merancang sistem pencahayaan circadian dimulai dengan penentuan ruangan atau area yang akan diterapkan sistem tersebut. Kemudian, perlu diidentifikasi jenis aktivitas yang berlangsung di area itu serta kebutuhan pencahayaannya. Faktor-faktor eksternal seperti lokasi geografis, musim, dan pencahayaan alami juga harus dipertimbangkan. 

Bila diperlukan, pemilihan lampu LED yang memiliki kemampuan pengaturan intensitas dan warna dapat dipertimbangkan. Aspek biaya dan kepraktisan dari sistem pencahayaan circadian juga harus diperhatikan. Terakhir, evaluasi dan perbaikan sistem secara berkala penting dilakukan untuk memastikan efektivitasnya tetap terjaga.

Pengaplikasian Sistem Circadian Lighting dalam Ruangan Pada Rumah

Bicara tentang pencahayaan yang baik dengan mengaplikasikan sistem circadian lighting, berikut ini adalah sejumlah poin-poin yang dapat jadi pertimbangan menurut Gravel;

  • Lampu dengan intensitas redup dan berwarna warm white, mirip dengan matahari saat terbit dan terbenam. Lampu seperti ini cocok untuk digunakan di kamar tidur.
  • Lampu dengan intensitas tinggi dan berwarna putih, mirip dengan matahari di siang hari, cocok untuk ruang dengan fungsi yang membutuhkan fokus seperti ruang kerja dan dapur.

Bagaimana Pencahayaan Sirkadian Memengaruhi Kesehatan?

Pencahayaan sirkadian memiliki pengaruh besar pada kesehatan kita dengan mengatur jam internal tubuh, yang mengontrol berbagai fungsi penting, seperti:

  • Tidur: Paparan cahaya terang di siang hari membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang mengatur tidur. Di malam hari, paparan cahaya redup membantu tubuh bersiap untuk tidur. Gangguan pada pola cahaya ini dapat menyebabkan insomnia dan kelelahan.
  • Suasana hati: Cahaya dapat memengaruhi produksi serotonin, hormon yang terkait dengan kebahagiaan dan suasana hati. Paparan cahaya terang di siang hari dapat meningkatkan mood, sedangkan paparan cahaya redup di malam hari dapat membantu relaksasi.
  • Metabolisme: Irama sirkadian berperan penting dalam mengatur metabolisme dan nafsu makan. Gangguan pada irama ini dapat menyebabkan obesitas dan diabetes.
  • Sistem kekebalan tubuh: Pencahayaan sirkadian juga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Paparan cahaya terang di siang hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan paparan cahaya redup di malam hari dapat membantu tubuh beristirahat dan memulihkan diri.

Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel