gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Desain Rumah 6x12 & Tips Biar Terlihat Luas

Tue Jun 18 2024

Desain Rumah 6x12 & Tips Biar Terlihat Luas

Tue Jun 18 2024


Pernah dengar rumah 6x12 dibilang rumah tanggung? Dibilang tanahnya kecil tidak, tapi luas juga tidak. Rumah 6x12 terlihat sempit atau luas sebenarnya tergantung bagaimana kita mengatur tata letaknya. Desain rumah 6x12 justru bisa jadi hunian ekstra nyaman dan fungsional, asal kita pintar berkreasi. Ayo, kita ulik agar desain rumah 6x12 agar tidak terasa sempit!

Desain-rumah-6x12

(Sumber: Pinterest thesmartlocal)

 Tips Tata Ruang untuk Desain Rumah 6x12 

Biar rumah 6x12 tidak terasa sempit dan sumpek, kita perlu mengatur tata ruang yang efisien. Gunakan tips desain rumah 6x12 dari Gravel berikut: 

  • Ruang Tamu = Ruang Keluarga = Ruang Makan: Daripada membuat banyak sekat, gabungkan saja ketiga ruangan ini jadi satu. Efeknya, rumah bakal terasa lebih luas dan lega.
  • Kamar Tidur Minimalis: Tidak perlu banyak furnitur dan perabot di kamar tidur. Cukup tempat tidurdan lemari pakaian. Silakan menambah meja kecil untuk tempat rias atau sudut kerja jika diperlukan. Pilih tempat tidur dengan laci penyimpanannya agar makin hemat ruang.
  • Dapur Terbuka: Dapur yang menyatu sama ruang makan bisa membuat suasana rumah jadi lebih hangat dan akrab. Kita juga bisa sambil masak sambil mengobrol sama keluarga, kan?
  • Kamar Mandi Simpel: Buat ceruk di tembok shower untuk meletakkan perlengkapan mandi, atau bisa juga memanfaatkan sudut. Pilih kamar mandi shower lebih hemat tempat daripada bathtub atau bak mandi. 
  • Taman Vertikal: Jika ingin punya taman di rumah dengan lahan yang agak terbatas, Anda bisa tambahkan elemen alam dengan taman vertikal. Ini tidak hanya membuat rumah Anda lebih indah tetapi juga meningkatkan kualitas udara.
Desain-rumah-6x12

(Sumber: Outdoorjoylab) 

  • Ruang Terbuka: Ciptakan ruang terbuka di luar rumah Anda, seperti teras atau balkon, untuk memberikan tambahan tempat bersantai.

Kreativitas Tanpa Batas di Ruang Terbatas untuk Desain Rumah 6x12

  • Pintu Geser: Pintu geser adalah solusi cerdas untuk menghemat ruang. Cara ini  memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan ruang dalam rumah tanpa mengorbankan akses ke luar.
     
Desain-rumah-6x12

(Sumber: Pinterest Mr S)
 

  • Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga: Jangan biarkan ruang di bawah tangga terbuang begitu saja. Gunakan sebagai area penyimpanan atau bahkan sebagai ruang kerja kecil. Ini bisa jadi langkah taktis untuk desain rumah 6x12 Anda. 
  • Pemilihan Warna yang Tepat: Warna dapat memengaruhi persepsi ruang. Pilih warna cerah seperti putih, abu-abu, atau pastel untuk menciptakan tampilan yang lebih luas.
  • Jendela Besar: Selain membawa cahaya alami, jendela besar bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas karena pandangan mata jadi tidak terbatas pada dinding saja. Kita bisa melihat pemandangan di luar, sehingga ruangan terasa lebih lapang dan tidak sumpek.
  • Sistem Pencahayaan: Gunakan jenis lampu downlight untuk efek ruangan lebih tinggi, lapang, dan terkesan modern. Manfaatkan juga cermin atau permukaan reflektif lain yang bisa memberikan pantulan cahaya untuk efek ruangan yang lebih luas dan terang.
  • Furnitur Multifungsi: Pilih furnitur yang bisa dipakai untuk beberapa fungsi atau ‘diperkecil’ bentuknya. Misalnya, sofa bed yang bisa jadi tempat tidur tamu atau meja kerja yang bisa ditutup menjadi lemari ketika sedang tidak digunakan.
  • Furnitur Build-In: Pembuatan furnitur build-in seperti lemari atau rak dinding mungkin butuh biaya lebih besar di awal. Tapi, investasi ini sepadan karena bisa menghemat banyak ruang dan membuat rumah terlihat lebih rapi dan luas.

Jadi, meskipun Anda memiliki lahan dengan ukuran 6x12 meter, masih ada banyak pilihan desain yang dapat Anda eksplorasi untuk menciptakan rumah yang nyaman dan fungsional. Dengan menerapkan ide-ide desain di atas, Anda dapat mengubah rumah berukuran 6x12 Anda menjadi tempat tinggal yang fungsional, nyaman, dan berestetika. Dengan perencanaan yang tepat, Anda dapat memiliki rumah impian yang cocok untuk lahan terbatas Anda.

Ingatlah untuk mempertimbangkan kebutuhan pribadi Anda serta mendiskusikan rencana desain rumah 6x12 dengan seorang arsitek atau desainer interior untuk memastikan bahwa hasil akhir sesuai dengan harapan Anda. Cari jasa rancangan sampai bangun rumah? Percayakan di Gravel aja! 
 


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel