gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Zen Living: Konsep Tempat Tinggal Lebih Tenang

Fri Apr 19 2024

Zen Living: Konsep Tempat Tinggal Lebih Tenang

Fri Apr 19 2024


Apa itu Zen Living?

Zen living adalah gaya hidup yang mengedepankan kesederhanaan dalam hidup dan upaya menyeimbangkan antara tubuh dan pikiran. Gaya hidup ini dipopulerkan oleh Negara Jepang yang kemudian bisa kita adopsi di Indonesia. Zen living ini cocok banget untuk kita terapkan pada hunian demi mencegah stress berkelanjutan di hidup kita yang serba cepat dan penuh hiruk pikuk ini.

Ilustrasi Konsep Ruangan dengan Zen Living
Sumber: quietminimal

Cara Memula Penerapan Zen Living dalam Tempat Tinggal

  • Prinsip Kesederhanaan

Memulai zen living dalam hunian tentu dimulai dari prinsip kesederhanaan. Jika ada barang-barang di rumah yang sudah tidak terpakai lebih baik disingkirkan daripada bikin penuh rumah. Mungkin beberapa dari kamu ada yang susah untuk melepaskan, tapi kalau sudah tidak dibutuhkan, untuk apa masih mempertahankan?

  • Menggunakan Elemen Natural

Keseimbangan antara tubuh dan pikiran tidak jauh dari elemen natural, demi menciptakan keselarasan dengan alam. Dengan menggunakan elemen natural seperti kayu pada furniture atau menambah hijau-hijau tanaman pada rumah bisa memberi suasana yang asri pada hunian.

  • Memakai Warna Cool Tone

Warna-warna cool tone seperti putih, abu-abu, biru atau hijau dipercaya bisa menambah efek relaksasi. Tapi tetap harus kita pertimbangkan ya supaya gak terlalu terkesan warna-warni. Misalnya dengan menggunakan cat dinding dengan dominan warna putih dan sedikit warna abu-abu sebagai aksennya pada beberapa bagian dinding atau furniture seperti sofa.

  • Membawa Elemen Di Luar, Ke Dalam

Misalnya dengan memasang kaca frameless dengan ukuran besar yang menghadap ke taman atau pepohonan di luar, sehingga bisa memberi efek seakan tidak ada batasan antara ruang luar dan ruang dalam. Dengan menerapkan ini bisa bikin elemen di luar ikut ‘terbawa’ ke dalam.

  • Pencahayaan Natural

Seimbangkan hunian dengan menghadirkan pencahayaan natural. Bukan hanya untuk menghemat energi ketika siang hari, dari segi kesehatan juga pencahayaan ini sangat baik untuk hunian itu sendiri dan penggunanya. Sediakan sumber cahaya lebih dari satu arah, seperti jendela yang terletak di dua sisi ruangan. Hal ini bisa membantu dalam meratakan distribusi cahaya.

  • Tambahkan Dekorasi Minimalis

Dekorasi yang dimaksud seperti lukisan, vas bunga, atau gantungan dinding yang bentuknya tidak terlalu heboh atau terlalu mendominasi ruang. Gunanya dekorasi minimalis ini adalah sebagai aksen ruang dan bisa seakan memberi ‘energi’ pada ruang.

Manfaat Zen Living

Zen living, filosofi hidup yang terinspirasi dari Zen Buddhisme, menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Meningkatkan ketenangan dan kejernihan pikiran: Zen living menekankan kesederhanaan, mindfulness, dan meditasi, yang dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan kekacauan mental, sehingga meningkatkan ketenangan dan kejernihan pikiran.
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi: Zen living melatih fokus dan perhatian pada saat ini, yang dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
  • Meningkatkan kualitas tidur: Teknik relaksasi dan mindfulness dalam zen living dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga Anda merasa lebih segar dan berenergi di pagi hari.
  • Meningkatkan rasa syukur dan kebahagiaan: Zen living mendorong apresiasi terhadap hal-hal kecil dalam hidup dan mengurangi fokus pada hal-hal materialistis, sehingga meningkatkan rasa syukur dan kebahagiaan.
  • Meningkatkan kesehatan fisik: Zen living dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dengan mendorong gaya hidup yang lebih sehat, seperti diet seimbang, olahraga teratur, dan tidur yang cukup.
  • Meningkatkan self-awareness: Zen living mendorong refleksi diri dan pemahaman diri yang lebih dalam, yang dapat membantu meningkatkan self-awareness dan membuat keputusan yang lebih baik dalam hidup.
  • Menjalani hidup yang lebih sederhana dan lebih bermakna: Zen living membantu melepaskan diri dari keterikatan materialistis dan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, sehingga memungkinkan Anda menjalani hidup yang lebih sederhana dan lebih bermakna.
     

Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel