gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Yellow Box Junction: Benarkah Bisa Mengurangi Kemacetan?

Fri Oct 27 2023

Yellow Box Junction: Benarkah Bisa Mengurangi Kemacetan?

Fri Oct 27 2023


Anda mungkin pernah melihat kotak berwarna kuning di tengah persimpangan jalan, yang disebut sebagai 'yellow box junction', meskipun tidak selalu terpapar secara umum. Ini adalah elemen penting dalam mengatur lalu lintas di persimpangan jalan. Tetapi apa sebenarnya fungsinya? Lewat artikel ini, Gravel akan membahas lebih lengkap mengenai yellow box junction.

Fungsi Utama Yellow Box Junction

Yellow box junction dirancang dengan tujuan mencegah kemacetan lalu lintas di daerah persimpangan jalan yang sering kali menjadi tempat kekacauan lalu lintas terjadi. Kotak kuning ini ada karena banyak pengendara yang terlalu tergesa-gesa saat mendekati persimpangan, sehingga saling bersaing untuk melewati perempatan tersebut, yang akhirnya berujung pada kemacetan lalu lintas.

Penerapan Yellow Box Junction

Aturan penggunaan yellow box junction cukup sederhana. Ketika rambu lalu lintas sudah berwarna hijau dan Anda mendekati yellow box junction yang masih diisi oleh kendaraan lain, Anda harus berhenti dan menunggu sampai semua kendaraan yang ada di dalam kotak kuning tersebut selesai melintas. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada kendaraan yang terjebak di tengah persimpangan.

Mengurangi Kepadatan Lalu Lintas

Dengan penerapan sistem yellow box junction,  diharapkan dapat mengurangi kekacauan dan ketidakteraturan dalam arus lalu lintas di persimpangan. Meskipun aturan ini telah diterapkan di Indonesia sejak tahun 2010, pengaplikasiannya belum merata dan hanya terdapat di beberapa daerah yang merupakan titik rawan kemacetan lalu lintas. Oleh karena itu, pemahaman yang lebih baik tentang fungsinya dan penggunaan yang tepat sangat penting untuk mengoptimalkan manfaat yellow box junction dalam mengatasi masalah lalu lintas di kota-kota besar.


Terlebih lagi, upaya penyuluhan dan penegakan aturan yang lebih ketat terkait yellow box junction perlu ditingkatkan untuk memastikan kesadaran masyarakat akan peran pentingnya dalam mengurangi kemacetan lalu lintas. Dengan kesadaran yang lebih baik dan penerapan yang konsisten, kita dapat mencapai lalu lintas yang lebih lancar dan efisien di seluruh kota, mengurangi waktu perjalanan, dan mengurangi polusi udara.


 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel