gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengungkap Keajaiban Weathering Steel: Besi Anti Karat dengan Keunikan Berkarat

Tue Dec 26 2023

Mengungkap Keajaiban Weathering Steel: Besi Anti Karat dengan Keunikan Berkarat

Tue Dec 26 2023


Pernahkah Anda melihat bangunan dengan eksterior berkarat, namun tetap kokoh? Ternyata, itu bukanlah besi biasa yang berkarat sembarangan. Corten steel, yang lebih dikenal sebagai weathering steel, adalah rahasia di balik fenomena ini. Mengapa besi ini sengaja dibuat berkarat? Temukan jawabannya di sini!

Apa itu Weathering Steel? 

Weathering Steel adalah varian besi rendah karbon yang dihasilkan dengan mencampurkan bahan tertentu (alloy) untuk meningkatkan ketahanannya terhadap korosi. Yang mengejutkan, cara terbaik untuk menghindari karat adalah dengan membiarkan permukaannya berkarat secara alami! Mengapa dan bagaimana? Simak penjelasannya di sini.

weathering-steel

Kelebihan Weathering Steel

Ketebalan karat pada weathering steel bukanlah masalah, bahkan sebaliknya, karat tersebut justru melindungi bagian dalam besi dari serangan korosi yang dapat merusak kekuatannya. Dengan permukaannya yang dibiarkan berkarat, penggunaannya pun tidak memerlukan lapisan finishing anti karat tambahan. Lebih praktis dan ekonomis!

Dikenal akan ketahanannya terhadap cuaca ekstrem, weathering steel umumnya digunakan untuk proyek eksterior. Cocok untuk struktur yang terpapar hujan dan panas intens, seperti jembatan, pagar, atau bahkan sebagai elemen fasad bangunan. Tidak jarang, weathering steel juga diterapkan dalam desain interior untuk memberikan sentuhan industrial yang unik.

Nilai Estetika Weathering Steel

Selain kepraktisannya, weathering steel juga menawarkan keindahan estetis. Tanpa perlu retouching anti karat berkala, material ini mengalami perubahan warna khas akibat oksidasi besi seiring berjalannya waktu. Mulai dari nuansa oranye yang khas hingga warna coklat dan hitam yang memukau. Sebuah kombinasi sempurna antara keandalan dan keindahan visual!

weathering-steel

Pertimbangan Bijak dalam Pemilihan Weathering Steel

Meskipun memiliki kelebihan yang luar biasa, perlu diingat bahwa penggunaan weathering steel sebagai elemen interior bisa meninggalkan bekas karat jika sering terkena sentuhan. Oleh karena itu, pemilihan bijak adalah menyematkannya pada bagian eksterior yang jarang terjamah. Namun, perlu diingat pula bahwa karena bahan dasarnya adalah logam, weathering steel dapat terasa panas saat terpapar sinar matahari. Sebagai solusi, penggunaannya yang lebih cocok sebagai secondary skin pada eksterior.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel