gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Panduan Praktis Memilih Keramik Garasi Mobil yang Tepat

Tue May 28 2024

Panduan Praktis Memilih Keramik Garasi Mobil yang Tepat

Tue May 28 2024


Garasi mobil menjadi salah satu ruangan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan pada rumah Anda. Selain untuk tempat parkir kendaraan, garasi juga dapat menjadi ruangan yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang lainnya. Oleh karena itu, pemilihan keramik untuk lantai garasi mobil pun menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual keramik 2024

Tips Pilah Pilih Keramik Garasi Mobil

Pertimbangkan faktor-faktor berikut untuk menciptakan lantai yang tahan lama, aman, dan estetis di garasi mobil rumah Anda:

  • Perhatikan Ketebalan Keramik - Pilih keramik dengan ketebalan yang sesuai, idealnya 8-10 mm, agar kuat menahan beban mobil, tahan gores, tidak mudah retak atau pecah. Keramik dengan rating ketahanan yang tinggi, seperti PEI 4 atau 5, akan lebih tahan terhadap tekanan dan abrasi.
  • Cari Keramik Bertekstur Kasar -  Kenapa pilih keramik bertekstur kasar? Keramik dengan tekstur kasar dapat memberikan daya cengkeram untuk ban mobil agar tidak licin dan tidak slip saat basah.
  • Pilih Ukuran Keramik yang Pas - Pastikan ukurannya sesuai dengan ruang garasi. Keramik yang terlalu besar butuh lebih banyak pemotongan dan pemasangannya lebih rumit, sedangkan yang terlalu kecil mungkin tidak memberikan tampilan yang sesuai. 
  • Pilih Keramik Sesuai Desain Interior Hunian - Agar memberikan kesan yang harmonis gunakan warna dan motif keramik yang sesuai.
  • Pilih Keramik yang Mudah Dibersihkan - Berbagai jenis keramik sudah memiliki lapisan   tahan noda agar perawatan menjadi lebih mudah.
  • Sesuaikan dengan Anggaran - Pertimbangkan juga anggaran yang dimiliki untuk memilih keramik yang sesuai dengan budget.
  • Tanyakan pada ahli -  Diskusikan dengan kontraktor atau desainer interior tentang jenis keramik yang paling cocok untuk lantai garasi mobil.

Keramik Garasi Mobil Ukuran Berapa?

Pada umumnya, untuk garasi mobil di rumah yang berukuran 3 meter x 5 meter, menggunakan keramik garasi mobil berbentuk kotak dengan dimensi 30x30 cm, 40x40 cm atau 50x50 cm. Ukuran tersebut biasanya sudah mumpuni untuk menaham beban mobil di atas keramik garasi. Ukuran yang lebih besar dari itu lebih berpotensi retak atau pecah. 

Rekomendasi Warna Keramik Garasi Mobil 

  1. Putih: Garasi mobil terlihat bersih dan minimalis dengan sentuhan warna putih, memberikan kesan terang dan luas secara visual.
  2. Hitam: Sentuhan warna hitam menambahkan sentuhan elegan dan mewah, serta kesan modern pada ruang garasi mobil.
  3. Abu-abu: Warna abu-abu menciptakan suasana netral yang cocok untuk berbagai desain interior, memberikan rasa damai dan kenyamanan.
  4. Beige: Garasi mobil terasa hangat dan alami dengan warna beige, menciptakan atmosfer yang nyaman dan menyenangkan.
  5. Cokelat: Warna cokelat menambahkan nuansa alami dan mewah, cocok dipadukan dengan beragam jenis furnitur.
  6. Biru: Warna biru memberikan kesan segar dan tenang, cocok untuk garasi mobil dengan nuansa pantai atau laut.
  7. Hijau: Garasi mobil terlihat segar dan alami dengan sentuhan hijau, ideal untuk rumah dengan taman atau kebun.
  8. Merah: Warna merah memberikan kesan hangat dan mewah, cocok untuk rumah dengan desain tradisional atau etnik.
  9. Kuning: Warna kuning menciptakan suasana ceria dan menyenangkan, cocok untuk rumah dengan desain sederhana dan minimalis.
  10. Orange: Sentuhan warna orange memberikan kesan hangat dan ceria, cocok untuk rumah dengan nuansa tropis atau etnik.
  11. Ungu: Warna ungu menciptakan tampilan elegan dan berani, memberikan nuansa mewah dan modern yang tak terlupakan pada ruang garasi.

Tips untuk Merawat Keramik Garasi Mobil

Untuk memilih keramik garasi mobil yang mudah dibersihkan, pertimbangkanlah untuk memilih keramik dengan permukaan yang tidak mudah menyerap noda atau kotoran. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat keramik garasi mobil agar tetap bersih dan tahan lama:

Rutin Membersihkan dengan Sapu atau Vacuum

Langkah pertama dalam merawat keramik garasi mobil adalah dengan membersihkan debu dan kotoran secara teratur menggunakan sapu atau vacuum cleaner. Pastikan untuk membersihkan area di bawah mobil secara menyeluruh untuk menghindari penumpukan debu yang dapat menyebabkan goresan pada permukaan keramik.

Gunakan Cairan Pembersih yang Tepat

Saat membersihkan noda atau kotoran yang sulit dihapus, pastikan untuk menggunakan cairan pembersih yang sesuai dengan jenis keramik Anda. Hindari menggunakan bahan kimia yang keras atau abrasif yang dapat merusak lapisan pelindung keramik.

Sikat dengan Sikat Lembut

Jika terdapat noda yang sulit dihilangkan, gunakan sikat lembut atau spons yang tidak menggores permukaan keramik. Hindari menggunakan sikat berbulu kasar yang dapat merusak atau membuat goresan pada keramik.

Bilas dengan Air Bersih

Setelah membersihkan keramik dengan cairan pembersih, pastikan untuk membilasnya dengan air bersih untuk menghilangkan residu pembersih dan mencegah penumpukan kotoran yang dapat meninggalkan noda.

Keringkan dengan Lap Kering

Terakhir, keringkan permukaan keramik dengan lap kering atau kain bersih untuk menghindari meninggalkan bekas air yang dapat menyebabkan bercak atau noda pada keramik.

Pemilihan warna keramik yang tepat dapat memberikan nuansa yang berbeda pada garasi mobil Anda. Sebelum memilih warna keramik, pastikan untuk mempertimbangkan desain interior rumah Anda agar dapat menghasilkan kesan yang harmonis dan seimbang. Dengan mempertimbangkan warna keramik yang tepat, garasi mobil Anda dapat menjadi ruangan yang nyaman dan indah untuk dinikmati.


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel