gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Turbin Ventilator: Alternatif Memperbaiki Aliran Udara dalam Rumah

Wed Oct 18 2023

Turbin Ventilator: Alternatif Memperbaiki Aliran Udara dalam Rumah

Wed Oct 18 2023


Pasti banyak yang sudah familiar dengan ventilasi berbentuk menyerupai kubah berputar yang dipasang di atas bangunan. Ini namanya turbin ventilator!

Apa Itu Turbin Ventilator

Turbin ventilator adalah merupakan alat yang ditempatkan pada bagian dinding atau atap rumah dengan bentuk melingkar seperti kubah yang bertindak sebagai sistem ventilasi sekunder pada bangunan. Seringkali turbin ini dipakai di bangunan-bangunan seperti pabrik, gudang, dan kantor. Namun sekarang sudah banyak yang menerapkannya di rumah tinggal.

Apa Fungsi Turbin Ventilator?

  • Menghisap asap, debu, & kotoran  

Fungsi turbin ventilator adalah untuk menghisap asap, debu, dan kotoran di dalam rumah serta membantu dalam pertukaran udara. Area di dalam rumah sering terpapar debu dan kotoran, yang biasanya menempel pada furnitur seperti lemari dan meja. Jika debu dibiarkan terus menerus, proses pernapasan dapat terganggu. Turbin ventilator membantu mengatasi masalah ini dengan menghisap debu dan asap yang ada di dalam ruangan.

  • Sistem Pertukaran Udara

Selain itu, turbin ventilator juga berfungsi sebagai dalam melakukan pertukaran udara di dalam rumah. Sebagai sistem pertukaran udara sekunder, turbin ventilator membantu dalam pergantian udara dari dalam ruang rumah dimana dapat menciptakan suasana ruangan yang lebih nyaman untuk bernapas.

  • Menanggulangi Panas dan Pengap dalam Ruangan

Fungsi turbin ventilator adalah untuk mencegah pengap dan udara panas yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan tubuh saat beraktivitas di dalam ruang.  Selain itu, turbin ventilator juga berperan dalam menjaga kelembaban rumah agar tetap seimbang.

Keunggulan Turbin Ventilator

Turbin ventilator memiliki berbagai keunggulan yang berguna ketika digunakan di bangunan atau rumah. Apa saja keunggulan tersebut.

  • Turbin ventilator adalah pilihan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan residu berbahaya seperti CFC, menjaga lapisan ozon, dan hanya menghisap debu dan kotoran dari dalam ruangan.
  • Hemat listrik karena beroperasi dengan bantuan angin, tidak memerlukan daya listrik, dan tetap efektif bahkan saat hujan.
  • Pemasangan turbin ventilator relatif mudah, dapat ditempatkan di berbagai bagian atap, dan harus dipasang dengan benar untuk kestabilan, yaitu dengan menancapkannya ke rangka atap menggunakan sekrup.

Bagaimana Cara Kerja Turbin Ventilator?

Turbin ventilator bekerja dengan cara didorong oleh angin. Ketika angin menggerakkan baling-baling turbin ventilator, udara panas akan terhisap dan terdorong ke luar. Udara panas tersebut akan bertukar dengan udara segar. Cara kerja turbin ventilator pada dasarnya berangkat dari prinsip dasarnya. Dalam prinsip turbin ventilator, udara panas cenderung naik ke atas, dan udara segar bergerak ke bawah. Dengan memanfaatkan prinsip suhu dan tekanan ini, peletakan turbin ventilator yang dipercaya paling efektif adalah di bagian atas bangunan.

Sejumlah Pertimbangan Pemakaian

Jika Anda berkehendak untuk memasang, berikut ini adalah poin-poin turbin ventilator saat di aplikasikan

  • Pemasangannya mudah
  • Ramah lingkungan
  • Hemat listrik
  • Suara yang cukup bising
  • Efektivitas terbatas

Tips Memasang Turbin Ventilator dengan Benar

Pemasangan turbin ventilator memerlukan perhatian khusus dan sebaiknya dilakukan oleh penyedia jasa yang berpengalaman. Meskipun prosesnya cenderung mudah, namun memastikan pemasangan yang tepat sangatlah penting. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang turbin ventilator:

  1. Identifikasi Area yang Memerlukan Ventilasi Sebelum memasang turbin ventilator di atap, identifikasi terlebih dahulu area mana yang sering terpapar asap atau debu. Tempat-tempat seperti dapur, ruang tamu, atau ruang baca sering menjadi prioritas karena membersihkan udara dari debu dan kotoran dapat mendukung kualitas pernapasan.
  2. Periksa Kondisi Atap Sebelum Pemasangan Sebelum memulai pemasangan, lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi atap. Pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan lain yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Hindari memasang turbin ventilator saat cuaca mendung atau gerimis untuk mencegah masalah yang dapat timbul akibat kondisi cuaca tersebut.
  3. Pilih Ukuran Turbin Sesuai Kebutuhan Sebelum membeli turbin ventilator, pastikan untuk menentukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk penggunaan di hunian, biasanya turbin berukuran lebih kecil sudah mencukupi. Namun, selalu konsultasikan dengan pihak penjual untuk memastikan ukuran yang paling tepat untuk situasi dan kebutuhan Anda.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, pemasangan turbin ventilator di atap rumah Anda akan berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli jika Anda merasa perlu bantuan profesional dalam proses pemasangan.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel