gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pentingkah Tahu Beton dalam Konstruksi?

Wed Feb 21 2024

Pentingkah Tahu Beton dalam Konstruksi?

Wed Feb 21 2024


Keberadaannya memang gak terlalu terlihat, tapi tahu beton punya peran yang penting lho! Tahu beton atau biasa juga disebut beton decking adalah bantalan kecil yang terbuat dari beton yang dipasang di besi tulangan beton sebelum dicor.

Tahu beton bisa digunakan untuk pengecoran konvensional dengan bekisting, atau dengan steel floor deck (plat komposit). Masih bingung dengan fungsi si tahu beton dalam dunia konstruksi? Yuk simak penjelasan berikut‌!

Kenapa Disebut Tahu Beton?

Karena bentuknya yang sekilas memang seperti tahu, biasanya tahu beton bentuknya kotak atau silinder, dengan ketebalan bervariasi mulai dari 15 mm sampe 80mm. Tahu beton ini dikaitkan di penulangan besi dan diikat dengan kawat bendrat. Jadi gak ada alasan yang lebih lanjut yah soal kenapa disebut tahu, benar-benar karena bentuknya saja yang mirip dengan tahu.

Baca Juga: Apa itu Kawat Bronjong dan Fungsinya dalam Konstruksi Bangunan

Apa Fungsi Tahu Beton?

Tahu beton menjadi komponen penting dalam konstruksi beton karena memiliki fungsi sebagai acuan dalam mengecor beton. Tujuan dipasangnya tahu beton adalah untuk menjaga jarak besi tulangan dengan bekisting supaya tetap terjaga, sehingga selimut beton memiliki ketebalan sesuai yang direncanakan. Jadi fungsi dari tahu beton itu penting yah, tanpa adanya tahu beton ketebalan dari selimut beton jadi nggak konsisten. Secara sederhana, bisa juga dibilang sebagai cetakan untuk membuat ketebalan selimut beton konsisten.

Menjaga Tulang Plat Lantai

Pada proses pengecoran lantai, tahu beton ini dapat menjaga tulang plat lantai supaya gak turun ke dasar bekisting saat menunggu cor kering. Kita juga bisa meminimalisir resiko selimut beton di bagian bawah yang terlalu tipis, mudah terkelupas, dan tulangannya jadi terlihat.

Proses Pemasangan Tahu Beton

Proses pemasangan tahu beton merupakan langkah kunci dalam persiapan sebelum pengecoran beton. Biasanya, tahu beton dipasang pada besi tulangan dengan cara diikat menggunakan kawat bendrat. Hal ini dilakukan untuk menjaga jarak antara besi tulangan dengan bekisting, sehingga selimut beton memiliki ketebalan yang konsisten sesuai rencana. Selain itu, dalam pengecoran lantai dengan steel floor deck, tahu beton diletakkan secara presisi untuk menjaga posisi dan ketebalan selimut beton secara merata.

Biasanya tukang struktur lah yang mengurus tahu beton pada suatu proyek konstruksi. Nah, kalo butuh tukang struktur yang handal dan terjamin kualitasnya pesan Di Gravel Construction aja. Apa saja kebutuhannya, tukang struktur Gravel pasti bisa. Mulai dari bongkar pasang bekisting, pembesian struktur, pengecoran, semua bisa deh dilakukan. Temukan Tukang Struktur di Gravel ya! Gravel Construction, Solusi Pembangunan dan Renovasi Anda.



 


 


Kamu Mungkin Suka

image

Atap Rumah Limasan: Bisa Punya Ruang Loteng di Rumah

Senin, 15 Juli 2024

image

Rekomendasi 2024 Plafon Anti Air Terbaik untuk Hunian Anda

Senin, 15 Juli 2024

image

Cek 5 Tips Bikin Kamar Tidur Utama Super Mewah & Nyaman

Senin, 15 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel