gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengenal Lebih Dalam tentang Steel Floor Deck: Solusi Inovatif untuk Konstruksi Lantai dan Dak

Fri Oct 27 2023

Mengenal Lebih Dalam tentang Steel Floor Deck: Solusi Inovatif untuk Konstruksi Lantai dan Dak

Fri Oct 27 2023


Steel floor deck adalah sebuah komponen penting dalam konstruksi bangunan modern. Plat bergelombang ini terbuat dari galvalum berlapis galvanis atau alumunium, dan digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi, terutama dalam pembuatan lantai atau dak beton. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih lanjut tentang steel floor deck dan manfaatnya dalam industri konstruksi.

Apa Itu Steel Floor Deck?

Steel floor deck adalah plat bergelombang yang dibuat dari galvalum berlapis galvanis atau alumunium. Ini digunakan sebagai pengganti papan tradisional dalam pembuatan lantai atau dak beton. Ketebalan steel floor deck bervariasi mulai dari 0,65 hingga 1 mm, membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai aplikasi konstruksi.

steel-deck-floor

Sistem Konstruksi dengan Steel Floor Deck

Sistem konstruksi steel floor deck melibatkan penggantian besi tulangan yang biasanya digunakan di bagian bawah lantai dengan plat ini. Di bagian atas, wiremesh diterapkan sebagai tulangan tambahan. Sistem ini tidak hanya cocok untuk struktur baja, tetapi juga dapat digunakan dalam konstruksi struktur beton.

Salah satu keuntungan utama adalah proses pengecoran lantai menjadi lebih cepat karena tidak perlu menunggu beton mengering dalam waktu lama. Ini juga menghilangkan pekerjaan bongkar bekisting/cetakan beton yang memakan waktu.

Keunggulan Penggunaan Steel Floor Deck

  • Efisiensi: Menggunakan plat lantai baja ini dapat menghemat hingga 25% volume beton. Plat ini juga tersedia dalam panjang yang bisa disesuaikan (maksimum 12 m), memudahkan pengelolaan logistik material.
  • Pemasangan Cepat dan Mudah: Dengan lebar lembarannya, pemasangan plat lantai ini dapat menutupi dua hingga tiga bentang dalam waktu singkat. Ini mengurangi kebutuhan akan perancah dan penyangga.Tiang penyangga sementara hanya diperlukan untuk mencegah plat melendut saat beton masih basah, dan mereka dapat dilepas setelah beton mengeras selama 7 hingga 14 hari.
  • Tahan Api: Steel floor deck memiliki tingkat ketahanan api yang baik, bahkan dapat mencapai hingga 2 jam dengan stabilitas dan integritas yang unggul.

steel-deck-floor

Pertimbangan Penggunaan Steel Floor Deck

Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan:

  • Steel floor deck tidak dapat dipotong dengan alat biasa dan memerlukan alat khusus seperti las listrik.
  • Pemasangan dan penggunaan steel floor deck harus dilakukan oleh tenaga yang terampil dan berpengalaman.

Dalam konstruksi modern, steel floor deck adalah pilihan cerdas yang membantu meningkatkan efisiensi dan keandalan proyek konstruksi Anda. Dengan kemampuan untuk menghemat biaya, mempercepat waktu penyelesaian, dan memberikan tingkat keamanan yang tinggi, steel floor deck adalah solusi inovatif yang terus memperkuat posisinya dalam industri konstruksi.


Kamu Mungkin Suka

image

Atap Rumah Limasan: Bisa Punya Ruang Loteng di Rumah

Senin, 15 Juli 2024

image

Rekomendasi 2024 Plafon Anti Air Terbaik untuk Hunian Anda

Senin, 15 Juli 2024

image

Cek 5 Tips Bikin Kamar Tidur Utama Super Mewah & Nyaman

Senin, 15 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel