gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Sistem Bubble Deck: Inovasi Terbaru dalam Konstruksi

Fri Jul 26 2024

Sistem Bubble Deck: Inovasi Terbaru dalam Konstruksi

Fri Jul 26 2024


BubbleDeck adalah sistem konstruksi inovatif yang telah diperkenalkan dalam industri konstruksi modern. Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang apa itu BubbleDeck, kelebihan, proses instalasinya, serta proyek-proyek besar yang telah menggunakan BubbleDeck, dan bagaimana BubbleDeck dibandingkan dengan metode konstruksi lain seperti balok beton konvensional.

Apa itu Bubble Deck?

Bubbledeck adalah sistem lantai beton dengan menggunakan bola plastik berisi udara yang ditempatkan di dalam konstruksi lantai cor beton. Keberadaan bola-bola plastik ini bisa membuat plat lantai beton menjadi lebih ringan tanpa mengurangi kekuatannya. Ditemukan oleh Jorgen Bruenig pada 1990-an di Denmark, bubble deck terinspirasi dari temuannya yakni pelat berongga biaksial (biaxial hollow slab). Saat ini, bubble deck cukup banyak diterapkan dalam proyek-proyek industri dan konstruksi di negara-negara di dunia.

Keunggulan Sistem Bubble Deck

  • Mengurangi pemakaian beton hingga 35% dari lantai cor beton konvensional
  • Mengurangi beban struktur secara signifikan
  • Materialnya yang ringan dapat meringankan kinerja struktur khususnya untuk dukungan kolom pada bentang

Cara Pengaplikasian Sistem Bubble Deck

Dalam menerapkan sistem Bubble Deck, pertama-tama beton precast diletakkan sebagai dasar untuk menempatkan bola-bola bubble deck. Setelah itu, sebuah rangkaian steel mesh dipersiapkan di atas area yang telah diberi beton precast. 

Steel mesh tersebut harus dirangkai sedemikian rupa sehingga ada cukup ruang di dalamnya untuk menempatkan bola-bola plastik. Bola-bola plastik kemudian diletakkan dengan rapi di antara steel mesh, mengikuti ruang yang telah disediakan. Terakhir, campuran beton disiapkan dan dituangkan untuk proses pengecoran plat lantai.

Bangunan Apa yang Telah Mengaplikasikan Bubble Deck?

Banyak proyek besar yang telah menggunakan Bubbledeck sebagai bagian dari konstruksi mereka. Beberapa proyek besar yang menggunakan teknologi ini antara lain stadion sepak bola di Afrika Selatan dan hotel di Australia. Penggunaan BubbleDeck pada proyek-proyek ini telah membuktikan kekuatan dan keandalan sistem ini.

Sifat Sustainability (Keberlanjutan)

Keberlanjutan (sustainability) menjadi salah satu aspek kunci dari sistem Bubble Deck dalam konteks industri konstruksi. Dengan mengurangi penggunaan beton konvensional melalui penggunaan modul berongga berbentuk gelembung, Bubble Deck berkontribusi pada penghematan bahan baku dan energi produksi beton. Selain itu, pendekatan ini juga menurunkan jejak karbon dalam tahap konstruksi, karena meminimalkan pemakaian material dan energi. Dengan kemampuannya menyediakan struktur yang ringan namun tetap kuat, Bubble Deck dapat mendukung proyek-proyek yang lebih berkelanjutan, mengurangi dampak lingkungan secara keseluruhan, dan mempercepat perubahan menuju praktik konstruksi yang lebih ramah lingkungan.

Temukan sejumlah artikel menarik seputar berita konstruksi pada blog teknologi Gravel. Cek juga sejumlah fitur produk jasa konstruksi yang dapat mempermudah aktivitas pembangunan dan renovasi properti milik Anda di halaman-halaman produk Gravel!


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel