gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sandwich Panel, Fungsi dan Keunggulannya

Mon Oct 16 2023

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sandwich Panel, Fungsi dan Keunggulannya

Mon Oct 16 2023


Dalam industri konstruksi modern, sandwich panel telah menjadi pilihan yang populer untuk aplikasi struktural yang membutuhkan kekuatan dan kestabilan. Dengan kombinasi unik dari lapisan eksternal yang kuat dan lapisan inti yang ringan, sandwich panel mampu memberikan solusi efisien dan efektif dalam mendukung berbagai proyek bangunan. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkannya, sandwich panel terus mengukuhkan posisinya sebagai alternatif terbaik dalam mendukung pembangunan yang efisien dan berkelanjutan di berbagai sektor industri.

Apa itu Sandwich Panel?

Sandwich panel atau biasa juga disebut insulated panel merupakan material bangunan berupa panel yang terdiri dari tiga lapis. Lapisan terdalam lebih tebal jika dibandingkan dengan dua lapisan pengapitnya, seperti makanan sandwich. Kulit panel biasanya terbuat dari plat zincalume atau besi galvanis, sedangkan lapisan dalamnya terdapat busa polyurethane.

Fungsi Sandwich Panel?

Sandwich panel dapat berfungsi sebagai konstruksi dinding dan atap. Karena sifatnya yang lentur namun kuat, sandwich panel ini banyak digunakan sebagai material bangunan prefabrikasi di wilayah yang rawan gempa.

Keunggulan Mengaplikasikan Sandwich Panel

Dilansir dari berbagai macam sumber, sandwich panel diaplikasikan tentu dikarenakan beragam keunggulannya, berikut diantaranya

  • Peredam Suara & Peredam Panas yang Baik
    Keunggulan utama dari sandwich panel adalah kemampuan meredam suara dan panas yang baik. Sandwich panel ini sering dipakai sebagai dinding partisi yang dapat mengurangi suara bising dari luar bangunan.
  • Tahan Gempa
    Sandwich panel termasuk material yang tahan terhadap gempa karena sifatnya yang lentur namun kuat. Jika terjadi gempa, umumnya pada sandwich panel tidak terjadi kerusakan yang parah.
  • Mudah Dipasang
    Biasanya dalam membuat dinding membutuhkan waktu yang cukup lama, namun tidak dengan sandwich panel. Karena berbentuk panel, sandwich panel ini termasuk mudah dalam pemasangannya, sehingga dapat menghemat waktu dan energi.

Apakah Sandwich Panel Kuat dan Sustainable?

Keunggulan sandwich panel adalah kekuatannya yang tinggi, karena struktur kompositnya dapat menahan tekanan, tarikan, dan lenturan. Hal ini membuatnya ideal untuk aplikasi yang membutuhkan kekuatan struktural, seperti bangunan industri, gudang, dan fasilitas komersial. Selain itu, sandwich panel juga dapat dianggap berkelanjutan. Beberapa panel menggunakan bahan-bahan daur ulang, seperti daur ulang logam atau bahan komposit ramah lingkungan, sebagai lapisan eksternal. Lapisan inti yang ringan juga dapat terbuat dari bahan-bahan yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Penting untuk dicatat bahwa keberlanjutan sandwich panel juga tergantung pada siklus hidupnya. Proses produksi, transportasi, instalasi, dan pembongkaran panel juga harus diperhitungkan untuk mengukur dampak lingkungan secara keseluruhan.

Aplikasi Sandwich Panel
 

  • Sandwich Panel untuk Dinding: Jenis ini merupakan pilihan umum dalam konstruksi bangunan. Biasanya, bahan pelapis yang digunakan adalah Expanded Polystyrene (EPS) atau Thermastle Pro. Ketebalan yang umum digunakan berkisar antara 50 hingga 100 mm.
  • Sandwich Panel untuk Atap: Sandwich Panel yang digunakan untuk atap juga menggunakan material seperti EPS dan Thermadeck Pro. Ketebalan standar berkisar antara 50 hingga 100 mm.
  • Aplikasi Luas: Berkat beragam kelebihan yang ditawarkannya, Sandwich Panel telah menjadi bahan konstruksi yang banyak digunakan dalam berbagai jenis bangunan di Indonesia. Contoh aplikasinya mencakup gedung perkantoran, rumah sakit (RSUP dan RSUD), perumahan, toko, ruko, sekolah, universitas, gedung laboratorium, serta stasiun kereta api MRT dan LRT. 

Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel