gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Sandblasting: Menghilangkan Karat pada Besi dan Logam dengan Sempurna

Wed Nov 15 2023

Sandblasting: Menghilangkan Karat pada Besi dan Logam dengan Sempurna

Wed Nov 15 2023


Material yang berbahan dasar metal dan besi sangat rawan berkarat dan terkena korosi. Untuk membersihkannya butuh teknik yang cepat dan bersihnya merata. Salah satu teknik pembersihan metal dan besi yang dinilai efektif adalah teknik sandblasting. Lantas, apa itu teknik sandblasting?

Apa itu Sandblasting?

Sandblasting adalah salah satu teknik penyemprotan material abrasif pada besi dan metal guna membersihkanya dari karat atau material lain yang bersifat korosif. 

Sand Blasting pakai pasir apa?

Media pasir yang digunakan dalam sandblasting umumnya adalah pasir silika. Pasir ini terbuat dari kristal silika dan memiliki ukuran seragam, memberikan hasil yang rata dan halus pada permukaan yang diolah.

Kenapa Sand Blasting Dibutuhkan?

Sandblasting ini penting untuk dilakukan supaya bisa menghilangkan material yang bisa membuat besi dan metal terkontaminasi, seperti karat, oli, garam, dll. Dengan melakukan sandblasting, selain membuatnya jadi bersih, juga bisa membuat besi dan metal jadi mudah untuk dilapisi cat atau pelapis lainnya. Jadi cat gak mudah mengelupas!

Jenis Teknik Sandblasting

Pada praktiknya, teknik sandblasting ini terbagi menjadi dua, yaitu dry sandblasting dan wet sandblasting. Berikut penjelasannya!

  • Dry Sandblasting

Teknik dry sandblasting diterapkan pada material besi dan metal yang resiko terbakarnya kecil, seperti pada pondasi tiang pancang, badan kapal dan rangka mobil.

  • Wet Sandblasting

Berbeda dengan teknik dry sandblasting, wet sandblasting ini diterapkan pada material besi dan metal yang beresiko terbakar atau dilakukan di area yang berpotensi terjadi kebakaran. Contohnya seperti tangki bahan bakar, pom bensin, serta area pengeboran minyak. Pasir silika yang dipakai pada teknik ini dicampur dengan bahan kimia khusus supaya tidak berpotensi menimbulkan percikan api.

Alat Pengaplikasian Sand Blasting

Alat pengaplikasian sandblasting adalah perangkat yang digunakan untuk mengaplikasikan metode sandblasting dalam proses membersihkan permukaan. Penggunaan alat pengaplikasian sandblasting umumnya terlihat pada industri manufaktur, perbaikan kapal, restorasi bangunan, dan proyek-proyek besar lainnya yang membutuhkan pembersihan permukaan yang akurat dan mendalam. Beberapa komponen alat sandblasting yakni;

  1. Pompa Udara. Berfungsi untuk memberikan tekanan pada penyemprotan
  2. Internal Pipe Coating. Berfungsi guna melindungi internal perpipaan dari korosi atau fluida yang merusak
  3. Pop Up Valve. Valve otomatis untuk membendung udara yang keluar dalam proses penyemprotan

Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel