gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Semut Berkeliaran di Rumah? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Fri Mar 22 2024

Semut Berkeliaran di Rumah? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Fri Mar 22 2024


Banyak semut di rumah sebenarnya bukanlah masalah baru, pasti hampir di setiap rumah pernah mengalami ini. Rumah yang banyak semutnya bisa menjadi masalah yang mengganggu keluarga yang tinggal di dalamnya. Dari merusak struktur rumah, mengurangi kenyamanan di rumah hingga menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Mengapa Semut Masuk ke Dalam Rumah?

Semut merupakan serangga yang hidup berkelompok. Tujuan semut dalam kelompok adalah mencari tempat tinggal dan kebutuhan makanan. Semut dapat cepat merasakan apabila ada makanan di sekitar mereka. Salah satu penyebab umum semut masuk ke rumah adalah sisa makanan atau remah-remah makanan yang tidak dibersihkan dengan baik. Umumnya makanan dan minuman yang manis-manis membuat semut lebih cepat datang.
 

Selain sisa makanan, sampah yang menumpuk dan bangkai serangga lain seperti kecoa seringkali menjadi penyebab semut berdatangan.Biasanya habitat semut dekat hunian terletak pada pohon-pohon atau tanaman sekitar, kebanyakan seperti pohon mangga, akasia, dan lainnya. Beberapa jenis semut yang tinggal di tanaman umumnya juga memiliki warna yang unik dan sangat sakit apabila menggigit manusia, biasa dikenal sebagai semut api atau semut merah.

Bagaimana Cara Mencegah Rumah Banyak Semut?

Tentunya dengan memberantas apa yang menjadi daya tarik kelompok semut, Anda dapat membuat hunian bebas dari semut. Pastikan tidak ada sisa makanan yang berbekas atau terselip dan tertinggal di setiap sudut rumah. Periksa juga apakah ada bangkai hewan kecil yang tergencet, karena cicak atau kecoa sering tergencet di tempat yang tidak terlihat oleh kita. Ketika sudah menjadi bangkai dapat menyebabkan bau yang sangat menyengat serta menarik semut untuk datang. 

5 Cara Mengatasi Semut di Rumah:

  1. Jaga Kebersihan: Bersihkan sisa makanan dan tumpahan minuman dengan segera. Cuci piring dan peralatan makan setelah digunakan. Simpan makanan dalam wadah tertutup rapat.
  2. Tutup Tempat Sampah: Gunakan tempat sampah dengan tutup rapat dan buang sampah secara teratur.
  3. Gunakan Kapur Anti Serangga: Buat garis kapur anti serangga di sekitar pintu, jendela, dan area yang sering dilalui semut.
  4. Buat Semprotan Alami: Campurkan air dengan cuka putih atau jus lemon dan semprotkan di area yang dihinggapi semut.
  5. Gunakan Bahan Alami: Letakkan daun salam, kapur barus, atau bubuk kopi di area yang sering dilalui semut.

Kalau Terlanjur Banyak Semut, Bagaimana Cara Menanganinya?

Kalau semut sudah terlanjur masuk rumah, bisa disemprot dengan pembasmi semut, atau dengan kapur ajaib yang bisa bikin semut gak masuk ke dalam rumah. Kalau dirasa sudah sangat mengganggu, bisa juga menggunakan jasa khusus pengusir semut.

Salah satu cara efektif lainnya adalah dengan menutup setiap celah yang terdapat di rumah. Seperti celah pada jendela dan pintu, termasuk pada lantai dan dinding yang rusak dan belum diperbaiki. Setiap tempat berpotensi semut dapat masuk sebaiknya kita tutup. 

Untuk urusan memperbaiki dan menutup celah pada hunian tentunya layanan Gravel Maintenance dapat membantu Anda. Ayo download dan pesan tukang di aplikasi Gravel sekarang dan pastikan rumah Anda terhindar dari cela-cela tempat masuknya semut.


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel