gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengintip Arsitektur Rumah Anies Baswedan, Ada Pendopo Berusia Ratusan Tahun

Wed Dec 27 2023

Mengintip Arsitektur Rumah Anies Baswedan, Ada Pendopo Berusia Ratusan Tahun

Wed Dec 27 2023


Calon Presiden Anies Baswedan, memiliki sebuah kediaman yang terbilang sangat unik. Popularitasnya sebagai sosok publik yang disegani, membuat Anies Baswedan selalu mengundang rasa penasaran tak terkecuali soal rumahnya. Identik dengan nuansa sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan hijau, rumah Anies Baswedan bahkan menghadirkan desain rumah Joglo atau pendopo pada bagian depan rumahnya.

Dimana Lokasi Rumah Anies Baswedan?

Rumah Anies Baswedan berlokasi di di kawasan Lebak Bulus II Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan. Seperti yang banyak orang ketahui, Lebak Bulus dikenal sebagai salah satu kawasan perumahan elit di ibukota karena posisinya yang sangat strategis dengan area perkantoran. Jadi tak heran kalau pemandangan rumah yang berada di kawasan ini didominasi oleh bangunan gedung-gedung tinggi. 

Meskipun lokasi Rumah Anies Baswedan berada di kawasan elit yang sangat strategis, bukan berarti aksesnya besar dan mudah dilalui. Hal ini karena rumah Anies Baswedan berada di area dalam komplek dengan jalan masuk yang cukup sempit yaitu dengan lebar sekitar 3 meter dan hanya bisa dilewati oleh satu mobil saja.

Spesifikasi Rumah Anies Baswedan

Anies Baswedan tidak membeli rumah dari pengembang, melainkan membangun sendiri di atas tanah seluas 1.400 m2 dengan bantuan arsitek Adi Purnomo (Mamo). Kontur tanah di rumah Anies Baswedan juga terbilang cukup unik, pasalnya terdapat perbedaan tinggi tanah dengan sisi jalan dimana sisi pinggir jalan lebih tinggi 4 meter dari halaman belakang rumahnya. 

Rumah Anies Baswedan Terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah merupakan area privat yang dikhususkan untuk keluarga. Sedangkan area atas merupakan rumah joglo yang dimanfaatkan sebagai lokasi kegiatan masyarakat, seperti posyandu, tempat belajar anak, majelis ta'lim, dan sebagainya. Anies menyatakan bahwa Joglo dengan luas 10 x 9 meter persegi tersebut bukanlah bangunan biasa. Joglo tersebut adalah bekas padepokan yang didirikan pada tahun 1743 dan pernah menjadi tempat Pangeran Diponegoro belajar. Oleh karena itu, Anies memutuskan untuk tidak mengubah Joglo tersebut menjadi rumah pribadi, melainkan mempertahankan fungsinya sebagai ruang terbuka untuk masyarakat. 

Arsitektur Rumah Anies Baswedan

Fasad Depan yang Dipenuhi Tanaman Hijau

Rumah Anies Baswedan tidak hanya memamerkan pendopo khas Jawa, tetapi juga memiliki fasad yang dipenuhi dengan tanaman hijau. Pengunjung yang datang ke rumah ini akan merasakan nuansa sejuk berkat banyaknya pohon dan tanaman hijau yang tersebar di sekitar area tersebut. Anies berkomitmen untuk menjaga agar rumahnya tetap alami, sehingga dapat menciptakan suasana rumah yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya.

Rumah dengan Konsep Open Space

Pada bagian interior rumah Anies Baswedan memiliki karakteristik unik yaitu menerapkan konsep open space secara menyeluruh. Bahkan, konsep terbuka ini diintegrasikan pada hampir seluruh bagian utama rumah, di mana ruang-ruang tersebut tidak dibatasi oleh sekat masif. Konsep open space ini juga cocok untuk Anda yang memiliki lahan sempit namun ingin rumah terlihat lebih luas.

Ruang Makan Dengan Sentuhan Industrial

Walaupun nuansa alami sangat dominan di bagian depan rumah serta konsep open space yang juga di terapkan hampir pada seluruh ruangan, rumah Anies Baswedan juga memiliki setuhan konsep industrial di dalamnya. Hal ini terlihat dari material dan furniture yang digunakan di rumah Anies Baswedan. 

Memiliki sistem drainase yang baik

Uniknya, halaman rumah Anies tidak menggunakan pengerasan seperti konblok agar air dapat meresap secara merata ke rumahnya. Anies juga menerapkan sistem zero runoff atau disebut juga "nol limpasan air" agar tidak banjir. 

Terdapat Kolam Ikan Koi

Rumah ini tak hanya didominasi oleh area hijau, tetapi juga dilengkapi dengan kolam ikan pribadi, khususnya kolam ikan koi yang berada di halaman rumah Anies. Keberadaan kolam tersebut turut menambah kesan alami dan sejuk di lingkungan tersebut.

 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel