gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Membuat Rencana Sistem Plumbing di Rumah Dengan Mudah

Wed Apr 26 2023

Membuat Rencana Sistem Plumbing di Rumah Dengan Mudah

Wed Apr 26 2023


Apa itu Plumbing?

Plumbing adalah sistem pemipaan yang ada di sebuah bangunan, gunanya untuk mengatur pendistribusian air bersih dan air kotor. Meski sama-sama buat air, tapi pemakaian pipa harus berbeda-beda tergantung dengan fungsinya! Ini sebabnya ada beragam material pipa di luar sana, dengan berbagai ukuran. 

Pekerjaan plumbing meliputi apa saja?

Pekerjaan plumbing meliputi pemasangan, perbaikan, dan pemeliharaan sistem perpipaan air, sistem pengelolaan limbah, dan sistem pemanas untuk keperluan rumah tangga, komersial, dan industri. Termasuk dalam pekerjaan plumbing adalah instalasi pipa, pemasangan sink, bak mandi, shower, toilet, sistem penyaringan air, dan perbaikan pipa bocor.

Apa Tujuan Dasar Rencana Plumbing?

Tujuan dasar dari rencana plumbing adalah untuk merencanakan penyediaan pasokan air bersih dan aman untuk keperluan manusia, serta untuk mengelola dan menghilangkan limbah dan air kotor dengan cara yang aman dan efisien. Plumbing juga bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penggunaan air dalam rumah tangga, komersial, dan industri.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Rencana Plumbing di Rumah

Bicara tentang bagimana rencana Plumbing yang baik, Gravel akan memaparkan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum mengeksekusinya.

Ukuran dan Jenis Pipa

  1. Pipa Air Bersih

Sampai sekarang, pipa PVC untuk saluran air bersih masih menjadi pilihan utama. Pipa PVC ini ada dalam beragam ukuran, dan pemasangannya pun gampang! Biasanya ukuran pipa untuk distribusi air bersih ini ukurannya kecil-kecil, mulai dari diameter 1/2 inch sampai 1 inch aja.

  1. Pipa Air Panas

Pipa PVC biasa tidak tahan terhadap panas dan bisa meleleh kalau terkena air panas. Kita bisa memakai pipa air yang berbahan logam seperti tembaga. Namun, karena pipa logam ini berat, kaku, dan panas ketika disentuh, sekarang sudah ada pipa air panas dari bahan PP-R sudah ada insulasi panas.

  1. Pipa air kotor

Yang biasanya melewati pipa air kotor ini tidak hanya air saja, tapi juga ada kotoran yang bentuknya juga bisa jadi gak cair. Karena inilah, pipa air kotor biasanya memiliki diameter yang besar. Untuk saluran dari kamar mandi & kloset ukurannya sekitar 4 inci supaya benda-benda padat ini juga bisa lewat dengan lancar. Untuk pipa wastafel dan sink biasnaya menggunakan ukuran 2 inci.

Pewarnaan Pipa

Simple tapi penting, bedakan warna pipa pada sistem pemipaan. Sistem pemipaan di rumah biasanya terdiri dari 3 pipa, yaitu pipa air bersih, air kotor, dan pipa kotoran. Akan lebih memudahkan jika ketiga pipa tersebut diberi warna yang berbeda, biar langsung ngeh kalo ada pipa yang bermasalah.

Perencanaan Jalur Pipa Vertikal

Untuk rumah yang memiliki 2 lantai atau lebih, sebaiknya pemipaan air kamar mandi dibuat segaris pada jalur vertikal. Jadi, kamar mandi atas dan bawah dibuat di satu zona vertikal yang sama. Kalo pipanya terlalu berliuk-liuk dan banyak percabangan, lama kelamaan bisa mampet karena air tidak mengalir dengan lancar.

Kemiringan Pipa

Satu pipa dengan pipa lainnya tentu memiliki kemiringan yang berbeda-beda. Dalam rencana plumbing yang benar tentu harus dibedakan arah kemiringan dari satu pipa ke pipa lainnya. Berikut secara lengkapnya;

  1. Saluran Air Mandi

Untuk saluran air bekas mandi, cucian, dan limbah dapur lebih baik memiliki derajat kemiringan pipa 1-2%. Gimana maksudnya? Misalnya panjang pipa yang dipasang datar adalah 15 m. Ingin menggunakan derajat kemiringan 2%, berarti 15 x 2% = 0.3 m Kemiringan diujung sisi buang saluran datarnya sepanjang 0.3 m

  1. Saluran Kotoran

Kalo pipa air kotor untuk air limbah, pipa kotoran ini untuk saluran tinja. Sudut kemiringan pipa yang disarankan adalah 2-3%, cara menghitungnya masih sama dengan pipa air kotor tadi. Jika kemiringan kurang dari 2% takutnya tinja akan turun terlalu lambat sehingga bisa menyebabkan kemampetan. Dan jika kemiringan lebih dari 3% bisa menyebabkan air tinja akan mengalir lebih dulu daripada tinjanya, bisa mampet juga.

  1. Saluran Air Hujan

Derajat kemiringan pipa untuk air hujan cukup sekitar 0.5-1%. Agar bisa mengalir dengan baik, pilih pipa dengan material yang licin dan tidak mudah berkarat seperti PVC. Bisa jadi yang masuk ke pipa ini gak cuma air hujan, tapi ranting atau dedaunan juga.

Berbagai Masalah Pada Perencanaan Plumbing

Berbagai masalah pada perencanaan plumbing yakni

  • Kesalahan dalam menentukan ukuran pipa yang tepat
  • Kesalahan dalam perencanaan jalur pipa
  • Kurangnya akses ke area pipa,
  • Kesalahan instalasi pipa secara menyeluruh 


 


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel