gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Acian vs. Plamir: Mana yang Cocok untuk Renovasi Rumah Anda?

Mon Dec 11 2023

Acian vs. Plamir: Mana yang Cocok untuk Renovasi Rumah Anda?

Mon Dec 11 2023


Dalam dunia konstruksi, pemilihan bahan dan teknik aplikasi memiliki peran krusial dalam menciptakan hasil akhir yang tahan lama dan estetis. Dua bahan yang sering menjadi pilihan, yakni acian dan plamir. Perannya sama-sama penting dalam proses penyelesaian permukaan dinding. Untuk memahami perbedaan dan menerapkan keduanya dengan tepat kita harus mengetahui bagaimana perbedaan antara acian dan plamir serta cara terbaik mengaplikasikannya dalam proyek konstruksi.

Apa Bedanya Plamir dan Acian?

Perbedaan antara acian dan plamir terletak pada bahan baku, fungsi utama, tekstur, dan aplikasi. Acian, terbuat dari campuran semen, pasir, dan air, digunakan untuk meratakan dan memberikan daya tahan pada dinding. Sebaliknya, plamir, umumnya terbuat dari gypsum atau semen dengan bahan pengisi, bertujuan untuk mengisi celah, retak, atau ketidakrataan pada dinding. Acian memiliki tekstur kasar, sementara plamir lebih halus dan dapat dipoles untuk hasil akhir yang lebih halus. Acian dapat digunakan di dinding interior dan eksterior, sedangkan plamir biasanya diaplikasikan pada permukaan interior sebelum pengecatan.

Proses plamir ini dilewatkan karena dianggap kurang penting, padahal plamir ini bisa memperhalus acian dinding yang kurang rapi. Dinding yang diplamir memiliki hasil yang lebih halus jika dibandingkan dengan dinding yang tidak diplamir. Sehingga proses yang dilakukan adalah dinding diaci terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan plamir.

Cara Aplikasikan Acian atau Plamir

Cara Aplikasi Acian:

  • Pastikan permukaan yang akan diaci bersih dari debu, kotoran, dan material lainnya, tidak memiliki retakan besar atau kerusakan struktural yang perlu diperbaiki sebelum melakukan acian.
  • Gunakan trowel atau alat serupa untuk mengambil campuran acian dan menerapkannya secara merata pada permukaan dinding. Mulai dari atas ke bawah atau sebaliknya, tergantung pada preferensi Anda.
  • Pastikan acian diaplikasikan dengan tebal dan merata. Anda dapat menggunakan alat pemadat atau spatula untuk meratakannya.
  • Gunakan alat seperti sponge float atau spons basah untuk meratakan permukaan acian. Ini akan membantu menghilangkan kekasaran dan memberikan hasil yang lebih halus.
  • Anda juga dapat menyikat permukaan acian jika ingin menciptakan tekstur tertentu pada dinding.
  • Biarkan acian mengering. Biasanya, acian memerlukan waktu beberapa hari hingga seminggu untuk benar-benar mengering.
  • Selama proses pengeringan, hindari paparan air berlebihan atau cuaca ekstrem, karena ini dapat memengaruhi kualitas akhir acian.
  • Setelah acian mengering, cek permukaan dinding apakah ada kekurangan atau kerusakan yang perlu diperbaiki. Lubang kecil/halus atau ketidaksempurnaan lainnya dapat diisi dengan plamir sebelum melanjutkan ke tahap pengecatan atau penutupan akhir lainnya.

Cara Aplikasi Plamir:

  • Pastikan permukaan yang telah diaci sudah kering dan bersih. Anda dapat membersihkannya dengan menyikat atau menggosok permukaan menggunakan sikat kawat atau kuas.
  • Gunakan spatula atau pisau plamir untuk mengambil campuran plamir dan aplikasikan pada permukaan acian. Mulailah dari satu sudut dan kerjakan dengan gerakan merata.
  • Isi lubang, retakan, atau ketidaksempurnaan lainnya pada dinding. Pastikan plamir rata dan tidak ada gelembung udara yang terperangkap.
  • Gunakan spatula atau alat pemadat lainnya untuk meratakan permukaan plamir untuk menciptakan hasil yang lebih halus.
  • Biarkan plamir mengering. Waktu pengeringan dapat bervariasi tergantung pada jenis plamir yang digunakan dan kondisi lingkungan.
  • Setelah plamir mengering sepenuhnya, Anda dapat melakukan pengamplasan untuk mencapai tingkat kehalusan yang lebih tinggi.

Setelah selesai melakukan pengerjaan plamir dan memastikan hasil yang memuaskan, Anda dapat melanjutkan ke tahap pengecatan atau penutupan akhir lainnya sesuai dengan proyek yang sedang Anda kerjakan. 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel