gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pembangunan dan Spesifikasi Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

Mon Apr 29 2024

Pembangunan dan Spesifikasi Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

Mon Apr 29 2024


Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki potensi besar dalam konektivitas dan pariwisata. Untuk mewujudkannya, pembangunan bandar udara (bandara) di berbagai penjuru negeri menjadi kunci utama. Pembangunan bandara baru di berbagai daerah membuka akses yang lebih mudah dan murah bagi masyarakat. Hal ini mendorong mobilitas antar wilayah, meningkatkan pergerakan barang dan jasa, serta membuka peluang ekonomi baru.

Berdasarkan data terbaru dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia per April 2024, terdapat 280 bandara di Indonesia yang beroperasi serta 17 bandara baru yang masih dalam pengembangan.

Dimana Lokasi Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Berada?

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) diketahui berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun alamatnya sendiri berlokasi di Jalan Bandara Internasional Yogyakarta, Temon, Kec. Temon. Jika diurut rutenya, Bandara di Kabupaten Kulon Progo ini hanya berjarak sekitar 15 km atau sekitar 30 menit dari pusat Kabupaten Kulon Progo. Bandara ini diketahui sangat mudah untuk ditemukan karena terhubung dengan akses jalan tol dan jalan raya utama.

Pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

Bicara siapa yang membangun Yogyakarta International Airport (YIA), Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dibangun pada 2014 oleh PT Angkasa Pura I (Persero) . Bandara ini dikembangkan dengan menggabungkan gaya arsitektur tradisional Jawa dan modern. Terinspirasi dari bentuk joglo dan atap limasan yang merupakan ciri khas arsitektur Jawa. Desain interiornya juga terinspirasi dari budaya dan alam Yogyakarta. Warna dari Bandara ini didominasi oleh warna putih dan coklat muda di bagian eksterior dan warna-warna cerah dan ceria seperti biru, kuning, dan hijau dibagian interiornya. Secara kategori, bandara ini tergolong sebagai bandara internasional.

Spesifikasi Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

Secara keseluruhan, adapun kompleks bangunan bandara Yogyakarta International Airport (YIA) memiliki luas sebesar 587 hektare yang terdiri dari area terminal dan runaway berjumlah 2 dengan luasan sepanjang 45 hektare. Bandara ini diketahui dapat menampung kapasitas penumpang hingga 25 juta per tahunnya.

Fasilitas Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

Adapun sejumlah fasilitas yang terdapat pada bandara antara lain yakni;

  • Masjid
  • Restoran
  • Toko
  • Lounge
  • Spa
  • Tempat penitipan barang
  • ATM & Money Changer
  • Wifi gratis

Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel