gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Memasang Water Heater Listrik: Pilih Sesuai Kebutuhan Anda!

Sat Jul 13 2024

Memasang Water Heater Listrik: Pilih Sesuai Kebutuhan Anda!

Sat Jul 13 2024


Bagi Anda yang suka pulang malam dan butuh mandi pakai air hangat tanpa harus merebus air, tentunya water heater menjadi sebuah kebutuhan yang wajib ada. Tentunya pemilihan water heater harus disesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai kapasitasnya tidak sesuai. Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Pemakaian Water Heater

Water heater menjadi solusi untuk Anda-Anda yang suka mandi air hangat tapi malas untuk merebus air. Penggunaan water heater sudah sangat umum baik untuk rumah, apartemen, hotel, bahkan kantor. Namun pemilihan water heater ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai kapasitasnya tidak sesuai. Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Pertimbangan dalam Memilih dan Membeli Water Heater

Jenis Water Heater

  • Electric Water Heater

Water heater listrik ini seperti namanya, menggunakan energi listrik untuk memanaskan air. Water heater tipe ini yang paling banyak dipakai di Indonesia, meskipun sebenarnya pemakaian listriknya lumayan besar.

  • Gas Water Heater

Gas water heater menggunakan energi dari LPG/LNG sebagai sumber panasnya. Sekarang sudah cukup jarang yang menggunakan jenis ini. Namun di daerah yang mempunyai gas alam melimpah biasanya memilih water heater jenis ini karena dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan memakai electric water heater.

  • Solar Water Heater

Selanjutnya ada solar water heater yang menggunakan semacam solar panel dalam mengumpulkan energi panas. Diantara semua jenis water heater, solar water heater ini dianggap paling murah karena menggunakan matahari sebagai sumber panasnya. Namun tentunya dari segi pemasangan juga cukup merogoh kocek.

Baca juga: Apa itu Inverter Panel Surya?

  • Heat Pump Water Heater

Yang terakhir ada heat pump water heater yang biasanya dipakai pada tempat-tempat penginapan seperti hotel dan apartemen, serta rumah sakit karena harga yang cukup terjangkau. Water heater jenis ini memanfaatkan udara panas di sekitarnya sebagai sumber panas, juga menggunakan kompresor dan freon.

Kapasitas Water Heater

Kapasitas water heater menjadi komponen penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli. Normalnya, water heater dengan kapasitas 15 L bisa dipakai untuk 2 orang. Jadi kalau di rumah Anda berisi 6 orang, berarti kebutuhannya adalah water heater dengan kapasitas 45 L dalam sekali pakai.

Daya Listrik Water Heater

Daya listrik ini tergantung dari pemilihan kapasitas dan jenis water heater. Untuk mencegah kerugian di kemudian hari, bijak-bijaklah dalam memilih water heater yang sesuai daya listrik bangunan yang Anda miliki!


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel