gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Rumput Vetiver: Si Kuat Penahan Longsor dengan Segudang Manfaat

Tue Mar 26 2024

Rumput Vetiver: Si Kuat Penahan Longsor dengan Segudang Manfaat

Tue Mar 26 2024


Apakah Anda pernah mengenal rumput vetiver? Meskipun belum begitu populer, tanaman ini ternyata memiliki peran penting sebagai penahan longsor dan pelindung tanah. Dalam artikel ini, mari kita bahas bagaimana akar dan daun rumput vetiver mampu memberikan manfaat luar biasa untuk lingkungan.

Apa itu Rumput Vetiver?

Rumput Vetiver berasal dari India. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai akar wangi dengan nama latin Chrysophon Zizaionide. Rumput Vetiver memiliki akar panjang hingga 2 meter ke dalam tanah, sehingga tanaman ini memiliki kemampuan untuk menahan tanah dengan kuat. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merekomendasikan rumput ini untuk ditanam di kawasan dengan landskap miring yang rawan longsor. Penanaman menggunakan rumput Vetiver disebut dengan Vetiver System. 

Apa itu Vetiver System?

Vetiver System adalah teknologi sederhana dan murah yang memanfaatkan rumput Vetiver untuk konservasi tanah, air, dan perlindungan lingkungan. Caranya dengan menanam di kawasan tebing tinggi yang biasanya berada di dekat pemukiman warga atau area tertentu rawan longsor sebagai upaya mitigasi bencana. Beberapa kawasan yang sudah menerapkan Vetiver System antara lain beberapa kecapatan di kabupaten Magelang, seperti Borobudur, Salaman, Kaliangkrik, dan Sawangan.

Sistem menggunakan Rumput Vetiver ini dinilai sangat praktif, mudah dipelihara, serta efisien dan efektif dalam mengendalikan erosi dan sedimen tanah, menjaga kestabilan tanah, rehabilitasi tanah, sekaligus untuk konservasi air. 

rumput-vetiver

Bagaimana Rumput Vetiver Menahan Longsor?

Dengan akar yang dapat tumbuh hingga beberapa meter dalam tanah dan merambat secara horizontal, rumput vetiver menunjukkan kekuatannya sebagai penahan longsor yang efektif. Jaringan perakarnya membantu mengikat tanah, mencegah erosi, dan mengurangi risiko longsor secara signifikan.

Apa Saja Manfaat Rumput Vetiver?

Selain fungsi utamanya mencegah longsor, rumput vetiver juga memiliki berbagai manfaat. 

Manfaat Akar Rumput Vetiver:

  • Penahan erosi
  • Mencegah banjir
  • Memperbaiki kualitas air
  • Melindungi infrastruktur
  • Menyerap racun
  • Menyuburkan tanah

Manfaat Daun Rumput Vetiver:

  • Menyerap karbon
  • Pengusir hama
  • Pakan ternak
  • Bahan atap rumah
  • Bahan dasar kertas

Rumput Vetiver Mencegah Erosi dan Desertifikasi

Rumput vetiver sangat cocok ditanam di lereng tanah untuk melawan erosi selama hujan deras dan mengontrol aliran air. Selain itu, tanaman ini juga berperan penting dalam mencegah desertifikasi, menjaga tanah tetap subur bahkan saat musim.

rumput-vetiver

Perawatan Minimal, Manfaat Maksimal

Keistimewaan lain dari rumput vetiver adalah daya tahan terhadap berbagai kondisi tanah dan cuaca. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tanah yang kurang subur tanpa perlu perawatan khusus seperti penggunaan pupuk atau pestisida berlebihan. Dengan begitu, kita tidak hanya mendapatkan manfaat lingkungan yang besar, tetapi juga menjaga keberlanjutan ekosistem tanah. Temukan lebih banyak tentang keajaiban rumput vetiver di dalam artikel ini!


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel