gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Peran Laminated Glass dalam Desain Arsitektur

Mon Feb 12 2024

Peran Laminated Glass dalam Desain Arsitektur

Mon Feb 12 2024


Dalam era modern ini, keamanan dan estetika tak lagi menjadi pilihan eksklusif, melainkan sebuah keharusan dalam merancang bangunan. Seiring perkembangan teknologi, Laminated Glass muncul sebagai inovasi luar biasa yang tidak hanya memberikan sentuhan artistik pada desain bangunan, tetapi juga menghadirkan lapisan perlindungan yang tak tertandingi. Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang bagaimana Laminated Glass menjadi tonggak baru dalam mencapai harmoni antara keamanan dan desain estetis dalam struktur bangunan.

Apa itu Laminated Glass?

Laminated glass atau kaca laminasi adalah jenis kaca keamanan yang terdiri dari dua atau lebih lembar kaca yang diikat bersama oleh lapisan film plastik transparan di antaranya. Proses ini melibatkan pemanasan dan penekanan, menciptakan produk yang lebih kuat dan tahan terhadap retak. Keuntungan utamanya adalah ketika kaca pecah, pecahan tidak menyebar karena lapisan filmnya. Kaca laminasi digunakan secara luas dalam industri konstruksi untuk jendela, pintu, dan perlindungan terhadap pukulan atau serangan. Selain itu, kaca laminasi juga dapat menyaring sinar UV yang merugikan.

Keuntungan Laminated Glass

Kaca laminasi memberikan berbagai keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan populer di berbagai aplikasi. Berikut adalah beberapa keuntungan utamanya:

  • Keamanan Tinggi

Aspek keamanan menjadi fokus utama, di mana pecahan kaca tetap terjaga bersama lapisan filmnya, secara efektif mencegah penyebaran pecahan dan melindungi penghuni atau pengguna.

  • Redaman Suara

Kemampuan redaman suara yang dimilikinya memberikan kenyamanan akustik, menciptakan lingkungan yang tenang.

  • Perlindungan UV

Sifat penyaringan sinar UV kaca laminasi tidak hanya melindungi furnitur dari kerusakan akibat paparan sinar UV, tetapi juga mencegah warna pucat.

  • Kekuatan Tambahan

Kelebihan lainnya termasuk kekuatan tambahan, menjadikannya lebih tahan terhadap benturan dan gempa dibandingkan dengan kaca biasa.

  • Desain Estetika

Dengan idealnya untuk aplikasi konstruksi seperti jendela dan pintu, kaca laminasi tidak hanya memprioritaskan keamanan tetapi juga memberikan sentuhan estetika yang mempercantik desain ruang. Sementara itu, pemeliharaan struktural dan keamanan tetap terjaga, memberikan tingkat keandalan yang tinggi dalam berbagai konteks penggunaan.


Kekurangan Laminated Glass

Walaupun memiliki banyak keunggulan, laminated tempered glass juga memiliki sejumlah kelemahan. Salah satunya adalah harganya yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kaca konvensional karena proses produksi yang rumit dan bahan-bahan yang mahal. Selain itu, laminated tempered glass tidak dapat diukir atau dibentuk menjadi bentuk yang kompleks, membatasi penggunaannya pada permukaan datar. Meskipun demikian, kekuatan dan keamanannya membuatnya tetap menjadi pilihan utama untuk aplikasi tertentu

Perbedaan Laminated Glass dengan Tempered Glass? 

Ada dua jenis kaca yang termasuk ke dalam kategori safety glass (memiliki tingkat keamanan dan perlindungan yang tinggi). Kaca tersebut adalah tempered glass dan laminated glass. Meskipun termasuk kategori yang sama, namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. 

Perbedaannya terdapat pada bagaimana kaca ini bereaksi ketika terjadi benturan. Ketika ada benturan yang menyebabkan kaca tersebut pecah, laminated glass hanya akan retak pada permukaannya tanpa menyebabkan pecahan kaca yang berhamburan. Sedangkan pada tempered glass, kaca akan tetap pecah dan berhamburan namun dengan pecahan kecil-kecil dan relatif tidak tajam.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel