gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Kaca Riben: Keistimewaan, Kekuatan, Kekurangan dan Harga

Mon Feb 12 2024

Kaca Riben: Keistimewaan, Kekuatan, Kekurangan dan Harga

Mon Feb 12 2024


Punya rumah dengan jendela kaca yang banyak memang enak. Rumah jadi berasa terang dan kalau jendela bisa dibuka tutup, sirkulasi udara jadi lebih baik. Tapi, kalau pakai kaca jendela bening, isi rumah bisa langsung keliatan dari luar. Ini sebabnya, banyak rumah memakai kaca riben buat jendela.

Apa yang Dimaksud dengan Kaca Riben?

Kaca riben juga dikenal sebagai kaca tinted, karena tidak seluruhnya bening. Kaca riben ini biasanya berwarna sedikit gelap karena penambahan lapisan atau material khusus. 

Bicara apakah kaca riben memiliki sifat tembus pandang? Jawabannya adalah, kaca riben adalah jenis kaca yang memiliki permukaan yang lebih gelap, membuatnya tidak bisa dilihat dari luar

Fungsi Kaca Riben

Secara sederhana fungsi kaca riben yakni  untuk mengurangi paparan cahaya matahari berlebih ke dalam ruangan, dan juga supaya tidak mudah terlihat dari luar. Beberapa fungsi kaca riben antara lain;

  • Kaca Riben Bisa Mengurangi Panas

Buat bagian jendela yang langsung terpapar matahari ekstrim, kaca riben ini bisa menahan sinar matahari sampai 55%. Selain meminimalkan udara dan suhu panas dari matahari, pengaplikasian kaca riben pun tergolong sangat efektif dalam melindungi diri Anda dari risiko bahaya akibat sinar UV.

  • Kaca Riben Membantu Menjaga Privasi

Dengan kaca riben yang gelap, kita tetap bisa memantau keadaan di luar jendela, tapi orang dari luar cuma bisa ngaca doang. Kalo mau lihat isi dalam rumah, kudu ngintip begini. Kita jadi terhindar dari pandangan tetangga kepo atau orang lewat yang iseng.

Harga Kaca Riben Jendela Rumah

Harga kaca riben untuk jendela rumah dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Faktor pertama adalah ukuran kaca riben itu sendiri. Semakin besar ukuran kaca riben, semakin tinggi pula harga yang harus Anda bayar. Selain itu, kualitas dan ketebalan kaca juga mempengaruhi harga. Kaca riben berkualitas tinggi dengan ketebalan yang lebih besar akan lebih mahal dibandingkan dengan kaca riben yang lebih tipis. Selain faktor-faktor tersebut, merek dan tempat pembelian juga dapat mempengaruhi harga. Merek-merek terkenal atau toko khusus yang menyediakan kaca riben berkualitas tinggi biasanya menawarkan harga yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan semua faktor ini saat memilih kaca riben untuk jendela rumah Anda.

Keunggulannya Dibandingkan Dengan Kaca Biasa

Terdapat beberapa keunggulan yang membedakan kaca riben dari kaca biasa:

  • Privasi yang Lebih Tinggi: Kaca riben menawarkan tingkat privasi yang lebih baik karena permukaannya kurang tembus pandang. Ini sangat berguna untuk ruang-ruang pribadi seperti kamar mandi atau kamar tidur.
  • Pengendalian Cahaya Matahari: Kaca riben mampu menyaring cahaya matahari berlebih, membantu mengurangi panas yang memasuki ruangan dan menjaga suhu yang lebih konsisten.
  • Aspek Estetis: Kaca riben memiliki desain yang unik dan artistik, menambahkan elemen visual menarik pada jendela dan pintu.

     

Kekurangan Kaca Riben

  • Tidak cocok diaplikasikan pada ruangan dengan intensitas cahaya minim: Kaca riben memblokir sebagian cahaya matahari masuk ke ruangan, kurang cocok untuk ruangan yang minim cahaya, seperti ruangan dalam bagian tengah atau belakang bangunan, ruangan sempit, atau yang terhalang bangunan lain.
  • Tampilan non-transparan dan buram: Kaca riben kurang cocok untuk display, seperti kaca eksterior toko kue, pakaian, atau make up yang memerlukan kejelasan tampilan produk.
  • Boros energi: Kaca riben membuat ruangan lebih gelap, memerlukan lebih banyak lampu untuk menjaga terangnya ruangan, mengakibatkan boros energi.
  • Kurang cocok untuk beberapa desain ruangan: Tidak sesuai untuk ruangan dengan desain modern, kontemporer, minimalis, atau yang berfokus pada hemat energi.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, perawatan kaca riben bisa lebih sulit karena cenderung meninggalkan sidik jari dan noda dengan lebih mudah dibandingkan kaca biasa.


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel