gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Panduan Pemilihan: Ragam Jenis Pintu yang Populer untuk Rumah Anda

Mon Feb 12 2024

Panduan Pemilihan: Ragam Jenis Pintu yang Populer untuk Rumah Anda

Mon Feb 12 2024


Pintu bukan sekadar akses masuk dan keluar, tetapi juga cerminan gaya dan fungsionalitas sebuah ruang. Dari hembusan lembut melalui pintu kayu yang berdesir, hingga kilauan modern pintu alumunium, setiap jenis pintu tidak hanya memisahkan ruang tetapi juga mengisahkan karakter dan kebutuhan penghuninya. 

Dalam artikel ini, kita jelajahi jenis-jenis pintu, bagaimana masing-masing jenis memiliki peran dalam fungsi ruangan dan rancang estetikanya, agar Anda bisa menentukan jenis pintu apa yang sesuai untuk ruang atau hunian Anda. 

Jenis Pintu Menurut Bukaannya

Pintu Tunggal dan Ganda

Pintu ini merupakan pintu paling umum yang ada pada bangunan. Pintu tunggal berarti jumlahnya satu, sedangkan pintu ganda memiliki dua bagian yang dapat dibuka ke kanan dan ke kiri.

Pintu Geser

Sesuai dengan namanya, pintu geser ini bisa dibuka-tutup dengan cara digeser. Pintu geser ini biasanya dipilih karena bisa menghemat ruang dan menambah estetika ruang. Selain itu pintu ini juga dinilai memudahkan untuk penyandang disabilitas. Jangan lupa, pastikan Anda punya ruang yang cukup untuk menggeser pintu. Jika tidak, pintu tidak bisa dibuka.

Pintu Lipat

Pintu jenis ini terdiri dari beberapa bagian yang saling bergantung dan dapat dilipat ke samping. Pintu lipat ini biasanya digunakan untuk membagi ruangan yang luas menjadi dua bagian atau lebih, seperti pintu yang digunakan di ruang kelas atau ruang kerja.

Pintu Putar

Pintu putar ini sesuai namanya adalah pintu yang dapat berputar pada porosnya. Pintu jenis ini biasanya dipakai sebagai pintu masuk mal atau supermarket, supaya bisa memudahkan pengunjung untuk masuk dan keluar ruangan.

Pintu Gulung

Pintu gulung adalah pintu yang cara membukanya dengan menggulung ke atas, baru pintu dapat terbuka. Pintu ini biasanya dipakai di garasi untuk memudahkan memasukkan dan mengeluarkan kendaraan.

Jenis Pintu Menurut Materialnya

Pintu Kayu

Pintu kayu memberikan sentuhan alami dan estetika hangat pada ruangan, dengan kekuatan dan daya tahan yang menjadikannya pilihan populer untuk desain interior dan eksterior.

Pintu Alumunium

Pintu alumunium menawarkan kombinasi elegan antara kekuatan dan keringanan, ideal untuk desain modern, dengan daya tahan terhadap korosi yang membuatnya cocok untuk penggunaan eksterior.

Pintu PVC

Pintu PVC memberikan solusi praktis dengan daya tahan terhadap cuaca ekstrem dan kelembaban, menjadikannya pilihan yang efisien energi dan rendah perawatan.

Pintu Logam

Pintu logam memberikan keamanan dan ketahanan yang tinggi, sering digunakan untuk pintu luar rumah atau komersial dengan desain yang kokoh dan tahan lama.

Pintu Kaca

Pintu kaca memberikan tampilan yang elegan dan memungkinkan pencahayaan alami masuk ke dalam ruangan, menciptakan atmosfer terbuka dan modern.

Rata-Rata Ukuran Pintu

Pintu biasanya memiliki ukuran standar untuk memudahkan instalasi dan kompatibilitas dengan bingkai pintu yang umum digunakan. Ketinggiannya sekitar 80 inci atau sekitar 203 cm, sementara lebarnya adalah sekitar 36 inci atau sekitar 91 cm. Ini adalah dimensi yang umum ditemui di banyak rumah dan bangunan untuk memastikan akses yang nyaman dan proporsional

 Penulis: Puja Wulandari
 


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel