gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Serba-Serbi dan Jenis Atap Genteng Metal

Fri Oct 27 2023

Serba-Serbi dan Jenis Atap Genteng Metal

Fri Oct 27 2023


Atap genteng metal semakin populer sebagai pilihan atap, berkat keunggulannya yang mencakup ringan, kuat, dan mudah pemasangannya. Dalam situasi di mana genteng tanah liat harganya cukup tinggi, genteng metal muncul sebagai alternatif yang menarik. Meski begitu, dengan beragam jenis genteng metal yang tersedia, seringkali kita merasa kebingungan dalam memilih yang paling sesuai. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang genteng metal.

Bahan Dasar Atap Genteng Metal

Sesuai dengan namanya, genteng metal terbuat dari berbagai jenis logam. Salah satu genteng metal yang paling terkenal adalah yang terbuat dari zincalume atau galvalume, yang merupakan besi atau baja yang dilapisi dengan campuran zinc, aluminium, dan silikon untuk mencegah terjadinya karat. Selain itu, ada juga genteng metal spandek yang terbuat dari campuran aluminium dan seng, serta berbagai jenis genteng metal lainnya yang dapat Anda temukan di pasaran.
 atap-genteng-metal

Keunggulan Atap  Genteng Metal

Genteng metal memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya diminati. Pertama, genteng ini ringan, kuat, dan mudah dipasang. Lembaran genteng metal yang lebar memungkinkan pemasangan yang lebih cepat. Karena bobotnya yang ringan dan dimensinya yang lebar, struktur atap yang diperlukan juga lebih sederhana dan ringan. Selain itu, genteng metal memiliki sifat tahan api, yang dapat mengurangi risiko bahaya kebakaran akibat api yang merambat dari atap.

Pertimbangan Penting

Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memilih genteng metal. Karena genteng metal cenderung tipis dan ringan, genteng ini rentan terhadap kerusakan akibat tekanan atau beban berat, seperti jatuhnya benda keras atau tekanan di bagian tengah genteng saat melakukan perbaikan atap. Selain itu, genteng metal tanpa pelapisan tambahan dapat menghasilkan bunyi yang cukup bising saat hujan turun dan dapat menghantarkan panas dengan mudah, sehingga bisa membuat interior ruangan terasa sangat panas dan menyilaukan jika terpapar sinar matahari langsung.

Jenis-Jenis Genteng Metal

Ada beberapa jenis genteng metal yang beredar di pasaran, antara lain:

  • Genteng Metal Baja: Terbuat dari baja dan cukup umum digunakan.
  • Genteng Metal Pasir: Memiliki tekstur seperti pasir dan memberikan tampilan yang menarik.
  • Genteng Metal Standing Seam: Dikenal dengan sambungan tegaknya yang membuat atap tampak bersih dan modern.
  • Genteng Metal Stainless Steel: Terkenal karena ketahanannya terhadap korosi dan karat.
  • Genteng Metal Galvalume: Menggabungkan sifat-sifat zincalume dan galvalume untuk ketahanan yang lebih baik terhadap korosi.
  •  

Sebelum memutuskan untuk menggunakan genteng metal, pastikan Anda mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda, serta memilih jenis genteng metal yang paling sesuai dengan kondisi dan tampilan atap yang Anda inginkan.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel