gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Inspirasi Basement Rumah: 5 Ide Kreatif Maksimalkan Ruang Bawah Tanah

Fri Oct 27 2023

Inspirasi Basement Rumah: 5 Ide Kreatif Maksimalkan Ruang Bawah Tanah

Fri Oct 27 2023


Ketika ingin punya ruang tambahan di rumah Anda, basement atau ruang bawah tanah (rubana) mungkin bukan yang pertama kali terlintas dalam pikiran Anda. Mungkin karena hunian di Indonesia jarang yang memiliki basement.  Jika pun ada biasanya ruangan ini hanya dijadikan gudang saja, padahal banyak potensi yang dapat dimanfaatkan. Untuk membuka ide-ide kreatif pemanfaatan ruang di rumah Anda, simak inspirasi basement rumah berikut ini.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Gudang Minimalis di Rumah

Inspirasi Basement Rumah 

  1. Ruang Multimedia
modern-bedroom-with-luxury-decor-illuminated-with-electric-lamp-generative-ai.jpg
gambar dari freepik

Mengubah basement rumah Anda menjadi ruang multimedia atau home theater adalah pilihan cerdas. Dengan layar besar, audio yang bagus, pencahayaan yang tepat, dan kursi nyaman, Anda dapat menciptakan ruang hiburan yang sempurna untuk menonton film atau main game.

  1. Ruang Kerja atau Home Office
vision-board-project-indoors.jpg
gambar dari freepik

Memiliki ruang kerja di rumah sangat penting, dan basement bisa menjadi tempat yang ideal untuk itu. Anda dapat membuat kantor pribadi yang tenang dan produktif tanpa mengganggu ruang lantai utama.

  1. Gym Pribadi
cast-iron-dumbbell-weights.jpg
gambar dari freepik

Saat ini, semakin banyak orang yang mencari solusi berolahraga di rumah. Basement adalah tempat yang sempurna untuk menjadi gym pribadi. Anda dapat mengisi ruang ini dengan berbagai peralatan olahraga sesuai kebutuhan Anda.

  1. Kamar Tambahan
bedroom-interior.jpg
gambar dari freepik

Jika Anda butuh kamar ekstra karena sering memiliki tamu menginap, Anda bisa menjadikan basement sebagai ruang tamu tambahan. Dengan menyediakan kamar tidur, kamar mandi, dan area duduk, tamu Anda akan merasa nyaman.

  1. Area Hobi 
musicians-work-inside-workshop-crafting-beautiful-instruments-generated-by-ai.jpg
gambar dari freepik

Basement adalah tempat yang sempurna untuk mengerjakan hobi atau kreasi. Anda bisa menggunakannya sebagai studio seni, ruang musik, atau tempat untuk hobi lainnya. Ruang yang terpisah dari lantai utama memungkinkan Anda berkonsentrasi sepenuhnya pada aktivitas kreatif Anda.

Tips Sebelum Renovasi Basement Rumah

Sebelum Anda mewujudkan inspirasi basement rumah, ada beberapa persiapan penting yang perlu Anda lakukan:

  • Cek Kondisi Struktural - Sebelum mulai merenovasi basement, lakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi strukturalnya. Pastikan dinding, lantai, dan atap basement dalam keadaan baik. Jika ditemukan masalah seperti kelembapan atau retak-retak, selesaikan masalah ini terlebih dahulu.

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual semen 2024

  • Perencanaan Pencahayaan - Basement sering kali kurang pencahayaan alami, sehingga butuh penerangan buatan. Pertimbangkan untuk menginstal lampu-lampu yang efisien secara energi dan sesuaikan dengan fungsi ruangan Anda.
  • Sirkulasi Udara dan Isolasi yang Baik - Pastikan bahwa basement memiliki sirkulasi udara yang sehat. Pertimbangkan penggunaan AC atau exhaust. Pastikan juga basement terisolasi dengan baik. Ini akan membantu menjaga suhu tetap nyaman.
  • Perizinan - Periksa aturan setempat tentang penggunaan basement sebagai ruang tambahan. Jadi Anda sudah memenuhi semua persyaratan hukum sebelum renovasi.
  • Anggaran yang Jelas - Tentukan anggaran yang jelas untuk proyek ini. Hitung biaya material, tenaga kerja atau tukang bangunan, dan peralatan yang diperlukan agar Anda dapat merencanakan proyek dengan baik.

Sekarang, Anda sudah memiliki lima ide kreatif dan tips persiapan untuk mengubah basement rumah menjadi ruangan fungsional. Jangan lupa mempertimbangkan kebutuhan dan gaya hidup Anda agar ruangan basement dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Selamat renovasi!


 


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel