gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengenal Half Slab Precast

Thu Jan 18 2024

Mengenal Half Slab Precast

Thu Jan 18 2024


Apa itu Half Slab Precast?

Half slab precast adalah suatu sistem pemasangan plat lantai yang menggunakan dua metode yang berbeda. Pada bagian bawah plat menggunakan beton precast, sedangkan bagian bawahnya di cor konvensional di lokasi proyek.

Bagaimana Langkah Pembuatan Precast?

Cara membuat precast half slab dimulai dengan langkah-langkah berikut:

  1. Denah Plat Lantai: Buat gambar denah plat lantai yang akan dipasang dengan precast half slab. Perhatikan posisi yang memungkinkan untuk pemasangan half slab, biasanya lebih efektif pada bagian tengah gedung dengan bentuk persegi.
  2. Perhitungan Struktur: Hitung dimensi, jumlah besi, dan jenis beton yang diperlukan berdasarkan bentuk, ukuran, dan beban yang akan ditanggung oleh struktur plat lantai.
  3. Penentuan Titik Angkat: Tentukan titik teraman untuk mengangkat half slab menggunakan alat berat seperti mobile crane atau tower crane.
  4. Pembuatan Bekisting: Buat bekisting menggunakan plat besi agar bisa digunakan berulang kali tanpa kerusakan atau gunakan polywood untuk jumlah produksi yang lebih sedikit.
  5. Pemasangan Pembesian: Pasang besi sesuai perhitungan pada bekisting dengan kualitas, diameter, dan jumlah yang tepat untuk memastikan struktur yang kuat dan sesuai.
  6. Pengecoran Half Slab: Tuangkan beton dengan kualitas yang telah direncanakan ke dalam bekisting, tunggu hingga beton cukup kuat untuk dilepas dan dipasang ke lokasi proyek.
  7. Pengiriman dari Batching Plant: Kirim half slab yang sudah cukup kuat dari batching plant ke lokasi proyek menggunakan kendaraan yang sesuai dan mampu mengangkut beban half slab.
  8. Pengangkatan ke Lokasi Pemasangan: Angkat half slab dari kendaraan pengirim menggunakan alat berat seperti tower crane atau mobile crane.
  9. Pemasangan pada Struktur Bangunan: Pasang half slab sesuai dengan rencana, tambahkan pembesian, dan lakukan pengecoran beton di atasnya untuk membentuk struktur plat lantai beton utuh.

Seluruh proses ini memerlukan perencanaan teliti dan koordinasi yang baik untuk menghasilkan struktur yang kuat dan sesuai dengan kebutuhan bangunan yang akan dibangun.

Keunggulan dan Kekurangan Half Slab Precast

  • Efisiensi Waktu dan Material

Metode ini memiliki waktu pengerjaan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan pengerjaan plat lantai konvensional. Selain itu pemakaian bekisting juga relatif lebih sedikit, sehingga dianggap efisien dari segi penggunaan materialnya.

  • Tidak Bisa Digunakan di Semua Area

Metode ini tidak berlaku di semua area konstruksi, misalnya pada bagian plat kantilever harus menggunakan sistem konvensional. Ini dikarenakan kantilever memiliki bagian yang menonjol keluar dari struktur sehingga ada bagian yang tidak memiliki penopang di bagian bawahnya yang membuat bagian ini memiliki kekuatan menahan beban yang terbatas.

  • Perlu Trik Khusus Dalam Pemasangan

Tidak semua tukang bisa melakukan metode ini, terlebih lagi jika diterapkan pada area kamar mandi atau area lain yang merupakan area basah karena rawan mengalami kebocoran. Pilih tukang yang sudah pasti bisa melakukan metode half slab precast ya!


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel