gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengenal Fungsi RCBO untuk Keamanan Listrik

Fri Oct 27 2023

Mengenal Fungsi RCBO untuk Keamanan Listrik

Fri Oct 27 2023


Dengan kemampuannya untuk menghentikan pasokan listrik saat ada kejanggalan arus, RCBO adalah investasi penting dalam menjaga rumah dan bisnis Anda tetap aman. Dalam konteks kelistrikan modern, RCBO menjadi semakin penting dengan meningkatnya peralatan listrik yang sensitif terhadap fluktuasi arus. Lantas, apa itu RCBO dan fungsinya? Mari kita simak penjelasannya pada artikel ini!

Baca juga: Panduan Pemilihan Panel Box Listrik Terbaru 2024

Apa itu RCBO?

RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection) adalah salah satu alat penting dalam perlindungan listrik yang menggabungkan dua fungsi utama yaitu perlindungan dari kebocoran arus dan hubungan singkat, serta perlindungan dari arus berlebih. Ini adalah langkah penting dalam menjaga keselamatan listrik di rumah atau lingkungan bisnis. Dalam artikel ini Gravel akan membahas lebih lengkap mengenai fungsi dari RCBO.

Baca juga: Cek disini kisaran harga jual alat kelistrikan 2024

Fungsi RCBO

Perlindungan dari Kebocoran Arus dan Hubungan Singkat

RCBO berperan penting dalam mendeteksi dan mengatasi situasi berbahaya seperti kebocoran arus atau hubungan singkat. Ketika ada perbedaan antara arus masuk dan keluar dari instalasi listrik, RCBO akan segera memutus aliran listrik. Hal ini dapat mencegah terjadinya kebocoran arus yang berpotensi menyebabkan kecelakaan atau bahkan kebakaran. Korsleting dapat terjadi karena berbagai faktor seperti kabel yang terkelupas, penggunaan listrik berlebihan, peralatan listrik yang terkena air, atau penggunaan kabel yang tidak sesuai kapasitasnya.

Perlindungan dari Arus Berlebih

RCBO juga berfungsi untuk mendeteksi dan melindungi instalasi listrik dari arus berlebih. Ketika arus melebihi kapasitas yang diizinkan, RCBO akan secara otomatis memutus aliran listrik. Hal ini sangat penting karena dapat mencegah kerusakan pada peralatan listrik dan mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

Prinsip kerja RCBO sangat bergantung pada komponen khusus yang disebut bimetal. Ketika terjadi lonjakan arus akibat korsleting atau arus berlebih, bimetal di dalam RCBO akan menjadi pendeteksi kebocoran listrik tersebut. Panas yang dihasilkan oleh korsleting akan membuat bimetal pada RCBO melengkung, sehingga memutus aliran listrik secara otomatis. Ini adalah reaksi cepat yang dapat mencegah bahaya lebih lanjut.

Dengan penggunaan RCBO, kita dapat meningkatkan keselamatan listrik di berbagai lingkungan. RCBO adalah salah satu alat yang sangat penting untuk melindungi peralatan listrik, mencegah kecelakaan, dan mengurangi risiko kebakaran. Pastikan untuk memasang RCBO yang sesuai dengan kebutuhan dan mendapatkan perawatan berkala untuk menjaga kinerjanya yang optimal. Keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama dalam penggunaan listrik.

Apabila Anda butuh solusi pada kelistrikan hunian atau tempat bisnis Anda, tukang listrik Gravel siap membantu download dan pesan sekarang!


 


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel