gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Doa Syukuran Rumah Buat Rumahmu Menjadi Lebih Berkah

Tue Jun 18 2024

Doa Syukuran Rumah Buat Rumahmu Menjadi Lebih Berkah

Tue Jun 18 2024


banner-maintenance copy.png

Membangun atau pindah di rumah baru, maupun selesai merenovasi rumah merupakan momen yang sangat penting dalam hidup kita. Sebagai seorang Muslim, setiap langkah yang kita lakukan harus diawali dengan doa dan permohonan kepada Allah SWT. Doa syukuran rumah menjadi salah satu doa yang harus kita panjatkan untuk memohon berkah dan keselamatan pada rumah yang baru dibangun atau ditempati.

IMG_1019.jpg

Dalam doa syukuran rumah, kita tidak hanya memohon berkah dan perlindungan pada rumah yang baru, namun juga memohon kekuatan untuk dapat menjaga dan merawat rumah tersebut dengan baik. Kita juga memohon kepada Allah SWT agar rumah yang baru dibangun menjadi tempat yang nyaman dan harmonis bagi seluruh penghuninya.

banner-pesan-tukang copy.png

Doa Menempati Rumah Baru dari Hadis Anas bin Malik

“Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah.”

Artinya: “Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.” (HR. Anas bin Malik).

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Doa Berlindung Ketika Menempati Rumah Baru dari Hadis Imam Muslim 

“A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq” 
Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.” (HR. Imam Muslim). 

Gravel-Borongan_Website-Banner-1140x380px_1-3.png

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a, “A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”, niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.”

Doa-syukuran-rumah

Doa Menempati Rumah Baru Dari Hadis Abu Daud

“Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud).

Doa syukuran rumah bukan sekadar rangkaian kata-kata, namun harus disertai dengan niat yang tulus dan ikhlas. Selain itu, kita juga harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan menjaga hubungan sosial dengan tetangga dan lingkungan sekitar.

Dalam Islam, menjaga hubungan sosial dengan tetangga dan lingkungan sekitar sangatlah penting. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya” (HR. Bukhari Muslim). Dengan menjalin hubungan yang baik dengan tetangga, kita dapat menciptakan lingkungan yang harmonis dan saling mendukung.

Dalam rangka syukuran rumah, kita juga dapat memanfaatkan momen ini untuk mempererat hubungan dengan tetangga dan lingkungan sekitar. Kita dapat mengundang mereka untuk berpartisipasi dalam acara syukuran rumah. Hal ini dapat menciptakan rasa kebersamaan dan kerukunan yang baik antar tetangga.

Bagaimana Cara Syukuran Rumah Baru?

Secara syariat, tidak ada cara-cara khusus dalam memanjatkan syukur atas rumah baru. Semua tergantung pada kebiasaan keluarga atau masyarakat daerah tertentu. Syukuran rumah baru biasanya dilakukan dengan mengundang keluarga, teman, dan tetangga untuk berkumpul dan memohon doa restu agar rumah baru tersebut dilimpahi keberkahan dan keselamatan. Acara syukuran biasanya dimulai dengan pembacaan doa, dilanjutkan dengan makan bersama, dan memberikan tanda terima kasih kepada tamu yang hadir.


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel