gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Detail Bondek: Alternatif Plat Lantai Cepat dan Mudah

Fri Nov 10 2023

Detail Bondek: Alternatif Plat Lantai Cepat dan Mudah

Fri Nov 10 2023


Web Banner_Gravel Borongan.png

Apa itu Bondek Lantai?

Bondek (floor deck) adalah sebuah plat gelombang yang digunakan sebagai pengganti papan untuk membungkus material cor dan menahan tekanan beton ketika membuat lantai atau dak beton. Ketebalannya ada yang 0,75 hingga 1 mm.

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Sistemnya adalah besi tulangan bagian bawah akan digantikan dengan bondek, dan wiremesh akan diaplikasikan dibagian atas sebagai tulangan. Sistem ini selain digunakan di struktur baja, dapat juga digunakan di struktur beton. Pengecoran pelat lantai relatif lebih cepat, karena tidak perlu menunggu beton mengering lebih lama dan tidak ada pekerjaan bongkar bekisting/cetakan beton.

banner-pesan-tukang copy.png

Apa Keuntungan Memakai Bondek?

  • Profil Gelombang
    Bentuk gelombang yang kokoh dan tonjolan (embossment) di permukaannya memberikan sifat monolit yang baik antara plat lantai dengan beton dan juga membantu mendukung beban yang lebih besar.
  • Efisien
    Pemakaian pelat lantai baja ini juga dapat menghemat volume beton sampai 25%! Pelat lantai baja ini dapat dipesan sesuai dengan panjang yang diperlukan, maksimum 12 m, sehingga memudahkan transportasi.

banner-maintenance copy.png

  • Pemasangan Cepat dan Mudah
    Karena lembarannya yang luas, pemasangan pelat lantai ini dapat menutupi 2 sampai 3 bentang dalam waktu singkat, sehingga bisa menghemat perancah dan penyangga. Tiang penyangga sementara hanya diperlukan supaya panel tidak melendut saat beton masih basah. Tiang penyangga dapat dilepas setelah beton berumur 7 sampai 14 hari.
  • Tahan Api!
    Berdasarkan pengujian, tingkat ketahanan api pada lantai komposit ini dapat mencapai 2 jam dengan stabilitas dan integritas yang baik.

Proses Pengerjaan Bondek Untuk Lantai/Dak

  1. Pasang penyangga atau perancah sementara jika dibutuhkan.
  2. Letakkan bondek di atas penyangga dan balok.
  3. Pasanglah stek atau bolt sebagai penguat bondek agar mengunci sehingga bondek tetap berada pada tempatnya dan tidak bergeser.
  4. Pasang end stop untuk bagian tepi bondek supaya beton tidak tumpah saat dituang.
  5. Gelar wiremesh / tulangan atas, beri jarak sekitar 1,5cm antara bondek dan wiremesh. Dengan ini, ketebalan cor yang akan dihasilkan sekitar 12-15cm.
  6. Plat bondek siap dicor!

Seputar Detail Pengerjaan Plat Lantai Bondek


Saat menuang adukan beton, ratakan adukan ke seluruh bagian plat bondek, supaya tidak terjadi penumpukan beton yang bikin bondek melendut. Supaya rata, kita bisa menuang beton dari ujung balok, dan bisa diratakan dengan vibrator.

Pada saat meratakan dan memadatkan beton selama pengecoran, posisi tulangan susut harus tetap berada kurang lebih 2 cm dari bagian bawah permukaan plat lantai. Supaya presisi, kita bisa menggunakan tahu beton (concrete spacer) yang diletakkan antara tulangan dengan bondek.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Baja Ringan di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel