gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Aspek yang Wajib Dipertimbangkan dalam Membangun Rooftop Garden

Mon Nov 20 2023

Aspek yang Wajib Dipertimbangkan dalam Membangun Rooftop Garden

Mon Nov 20 2023


Kalau pengen punya kebun tapi ruang halamannya terbatas, menanam tanaman di dak atau bikin roof garden bisa jadi solusi. Tapi, tidak sama seperti menanam langsung di tanah, bikin roof garden butuh trik tersendiri, supaya gak merusak bangunan kita nantinya.

Apa itu Roof Garden & Fungsinya?

Rooftop adalah atap pelindung rumah, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai teras tambahan atau ruang tempat bersantai di lantai atas. Apabila teras di bagian bawah rumah terbatas ukurannya, rooftop dapat dijadikan sebagai solusi tambahan dengan memberikan fungsi ganda sebagai teras di lantai atas dan balkon.

Tentu saja, keuntungan dari penggunaan rooftop ini dapat lebih diperluas dengan penambahan elemen desain seperti furnitur outdoor yang nyaman, pencahayaan yang tepat, atau tanaman hias yang dapat meningkatkan suasana santai. Dengan memanfaatkan rooftop sebagai ruang terbuka, Anda dapat menciptakan area bersantai yang menyenangkan dan memberikan pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian.

Roof garden, atau taman atap, mengacu pada sebuah area yang diatur dan ditanami dengan tanaman di atas atap bangunan. Ini adalah sebuah konsep desain lanskap yang melibatkan penggunaan atap bangunan sebagai ruang hijau yang berfungsi. Roof garden dapat dibuat di berbagai jenis bangunan, termasuk rumah, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan gedung-gedung perkuliahan.

Roof garden biasanya melibatkan penggunaan tanaman, seperti rumput, tanaman hias, pohon kecil, atau tanaman lainnya, yang ditanam dalam wadah atau bedengan. Mereka dapat ditempatkan langsung di atas lapisan penahan air pada atap, atau menggunakan struktur pendukung seperti wadah atau pot yang didesain khusus untuk taman atap sekalipun taman berukuran mungil. Roof garden juga dapat melibatkan elemen-elemen lain seperti jalan setapak, tempat duduk, kolam air, atau fasilitas lainnya untuk meningkatkan kenyamanan dan fungsi ruang tersebut.

Keuntungan Memiliki Roof Garden

  • Rumah Jadi Lebih Sejuk

Panas matahari yang terserap di tembok dan dak pada siang hari, nantinya akan dilepaskan ke udara lagi pada malam hari, sehingga bagian dalam rumah jadi panas. Tanaman di roof garden bisa menyerap panas matahari untuk fotosintesis. Karena inilah, panas matahari tidak langsung mengenai dak, sehingga dak bisa lebih dingin.

  • Mengurangi Rain Water Run Off

Dengan adanya tanaman di roof garden, air hujan bisa terserap oleh tanaman, dan hanya sebagian saja yang jatuh ke talang dan saluran air. Karena air yang masuk ke saluran jadi lebih sedikit, lingkungan kita jadi terhindar dari banjir.

  • Bisa Bikin Lingkungan Lebih Segar

Hutan beton dan aspal di perkotaan bikin lingkungan terlihat gersang dan suram. Keberadaan tanaman hijau bisa membuat lingkungan jadi lebih baik secara visual, membuat udara lebih sejuk, dan meningkatkan kualitas hidup.
 

Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Rooftop Garden

  • Konstruksi Dak yang Cukup Kuat

Membuat roof garden membutuhkan konstruksi atap dak yang kuat, karena dak juga harus mendukung berat tanah, tanaman, air, dan manusia yang ada di roof garden.

  • Butuh Waterproofing & Penghambat Akar yang Baik

Tanaman sangat bersahabat dengan air, namun air juga menjadi musuh bangunan. Air yang tertahan di media tanam dan akar tanaman bisa merusak integritas beton. Waterproofing dan penghambat akar bisa melindungi dak beton dari air dan akar tanaman yang menembus.

  • Butuh Drainase yang Baik

Air yang tidak terserap oleh media tanam bisa menggenang dan bisa mengakibatkan kebocoran. Supaya kelebihan air ini tidak menggenang, kita harus memikirkan saluran drainasenya.

  • Pemilihan Tanaman

Pilih tanaman yang tidak akan tumbuh terlalu besar dan bukan berakar tunggang, karena akar tunggang bisa menembus ke dalam lapisan media tanam dan bisa merusak beton.


 


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel