gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Cara Mengecat Tembok yang Benar: Panduan Praktis untuk Melukis Tembok dengan Tepat

Mon Feb 12 2024

Cara Mengecat Tembok yang Benar: Panduan Praktis untuk Melukis Tembok dengan Tepat

Mon Feb 12 2024


Mengecat tembok adalah tugas yang cukup umum dilakukan di rumah. Namun, agar hasilnya maksimal, ada b
eberapa langkah yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Daftar Contoh Warna Cat Rumah Minimalis Terbaru

7 Langkah Mengecat Tembok yang Benar Secara Mandiri

  • Siapkan Alat dan Bahan

Mempersiapkan alat dan bahan adalah langkah pertama yang mesti diperhatikan saat memulai mengecat tembok yang benar . Bahan yang perlu disiapkan pastinya cat dinding dan air. Alat yang biasa dipakai adalah kuas, roller, kape, dan selotip untuk menutup bagian yang tidak kena cat.

  • Persiapkan Dinding Sebelum Dicat

Periksa dindingnya sebelum dicat. Apakah ada bagian acian yang belum halus, atau ada retak rambut. Haluskan dinding dengan amplas, atau isi bagian aci yang retak dengan dempul. Buat dinding yang plesterannya masih berpori, kita bisa gunakan plamir dulu. Jika kasusnya adalah pengecatan ulang, Anda harus membersihkan cat lamanya dengan paint remover atau kape.

  • Bersihkan Dindingnya Dulu!

Mau mengecat dinding baru yang habis diaci ataupun pengecatan ulang, membersihkan dinding ini wajib! Bersihkan dinding dari debu, kotoran, dan minyak yang menempel di dinding, tapi jangan diguyur air terlalu banyak ya. Bisa bersihkan dengan spons aja.

  • Tutupi bagian yang tidak ingin dicat

Sebelum mengecat, tutupi bagian-bagian yang tidak ingin dicat, seperti kusen jendela & pintu, stop kontak, sakelar lampu, dan plint lantai. Tutupi juga bagian lantai dengan kertas semen atau koran bekas supaya cat gak menetes ke lantai.

  • Gunakan Cat Dasar

Cat dasar ini wajib untuk membuat warna cat finishing lebih keluar. Cat dasar ini juga bisa membuat cat dinding menempel lebih awet dan menjadi anti alkali, supaya cat dinding tidak keluar serbuk alkali atau berkapur nantinya.

  • Campurkan Air dan Cat Dinding Sesuai Petunjuknya

Tiap merk cat dinding pasti memiliki petunjuk pencampuran sendiri. Perhatikan komposisi air dan cat yang disarankan di kemasan catnya!

  • Aplikasikan Cat Dinding!

Kita bisa menggunakan roller atau kuas saat mengaplikasikan cat pada tembok. Roller digunakan untuk mengecat permukaan dinding yang besar dan luas, sedang kuas untuk menyentuh area yang sempit seperti pada sudut ruangan dan di dekat kusen. Aplikasikan cat dinding dengan arah yang sama dan bertahap, supaya hasilnya rapi!

Setelah menyelesaikan proses pengecatan tembok rumah, sangat penting untuk membersihkan peralatan yang digunakan seperti kuas, roller, dan cat. Pastikan untuk mencuci alat-alat tersebut sebelum cat mengering dan mengeras agar dapat digunakan kembali di masa depan. Selain itu, penting juga untuk menyimpan cat dengan baik setelah digunakan. Pastikan tutup cat tertutup rapat dan jauh dari jangkauan anak-anak. Jika terjadi tumpahan cat, pastikan untuk membuangnya dengan benar, hindari membuangnya ke saluran air.

 


 


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel