gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Persiapkan Diri, Temukan 7 Langkah Mencegah Kebakaran di Rumah

Tue Feb 13 2024

Persiapkan Diri, Temukan 7 Langkah Mencegah Kebakaran di Rumah

Tue Feb 13 2024


Kebakaran merupakan bencana yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di dalam rumah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencegah kebakaran di rumah. Khususnya sebagai persiapan pencegahan saat melakukan aktivitas mudik lebaran di tahun 2024 ini.

Penyebab Kebakaran di Rumah

Penyebab kebakaran di rumah dapat bervariasi, dan kesadaran akan faktor-faktor tersebut sangat penting untuk mencegah risiko kebakaran. Pemakaian alat listrik yang berlebihan atau rusak, seperti kabel yang terkelupas atau peralatan yang tidak terawat, dapat menjadi pemicu utama kebakaran di rumah. Selain itu, aktivitas memasak yang tidak hati-hati, seperti meninggalkan kompor dalam keadaan menyala tanpa pengawasan, juga dapat menyebabkan kebakaran. Kebocoran gas, pemakaian lilin tanpa pengawasan, serta kelalaian dalam merawat peralatan pemanas juga merupakan faktor risiko yang sering terjadi. Oleh karena itu, pemahaman akan potensi bahaya ini dapat membantu dalam menerapkan langkah-langkah pencegahan yang efektif untuk menjaga keamanan di lingkungan rumah.

Simak beberapa langkah  mencegah kebakaran di rumah yang dapat Anda dilakukan, yaitu:

1. Pastikan Instalasi Listrik Terpasang dengan Benar

Hindari menggunakan kabel yang sudah aus, terbuka atau rusak, dan jangan menumpuk banyak alat elektronik dalam satu colokan listrik. Penggunaan lisstrik berlebih dapat menimbulkan arus pendek yang berpotensi terjadinya kebakaran. Untuk pencegahan yang lebih baik, direkomendasikan untuk mematikan saklar listrik saat meninggalkan rumah untuk waktu yang lama.

2. Matikan Elektronik Ketika Pergi

Setiap keluar rumah, jangan lupa untuk matikan elektronik, bahkan untuk ekstra hati-hati cabut kabel listrik dari stop kontak, terutama jika Anda bepergian dalam waktu lama. 

3. Sediakan Alat Pemadam Kebakaran

Pastikan rumah Anda dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran seperti fire extinguisher atau sprinkler. Alat ini dapat digunakan untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran kecil di rumah. Pastikan juga Anda mengetahui cara penggunaannya dengan benar agar dapat digunakan dengan cepat dan tepat saat dibutuhkan

4. Hindari Merokok di Dalam rumah

Tidak hanya membahayakan kesehatan, bara api dari rokok dapat menyebabkan kebakaran jika kantong rokok tidak dipadamkan dengan benar. Oleh karena itu, disarankan untuk merokok di luar rumah atau di area yang aman dari bahan-bahan yang mudah terbakar.

5. Awasi Penggunaan Kompor

Pastikan Anda tetap berada di dekat kompor ketika sedang memasak. Jangan tinggalkan dapur dengan kompor menyala. Pastikan juga selang gas kompor dalam kondisi baik. Jika rumah kosong, sebaiknya regulator tabung gas dicabut. 

6. Perhatikan Penyimpanan Bahan-Bahan yang Mudah Terbakar

Jangan menaruh bahan-bahan yang mudah terbakar di dekat sumber api seperti kompor. Jangan juga menaruh bahan-bahan kimia yang mudah terbakar di dalam rumah. 

7. Gunakan Peralatan yang Aman dari Kebakaran

Pastikan Anda memiliki peralatan yang aman dan bahan yang tepat ketika melakukan kegiatan yang melibatkan api seperti memasak dan sebagainya. 

Demikianlah contoh cara mencegah kebakaran di rumah. Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, oleh karena itu Anda harus selalu waspada dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Selalu ingat bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel