gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Hemat Air di Rumah, Pahami Cara Membaca Meteran Air dan Tips Hematnya

Wed May 29 2024

Hemat Air di Rumah, Pahami Cara Membaca Meteran Air dan Tips Hematnya

Wed May 29 2024


Pernahkah Anda berpikir untuk mengontrol penggunaan air di rumah? Dengan memahami cara membaca meteran air dan menerapkan tips hemat air, Anda bisa menghemat pengeluaran dan membantu kelestarian alam. Yuk, simak pembahasan dan tips lengkapnya di sini!

Cara Membaca Meteran Air di Rumah

  1. Meteran Air Manual: Perhitungan dilakukan berdasarkan angka pada register atau totaliser meteran. Angka tersebut menunjukkan volume air dalam meter kubik (m3) yang digunakan selama sebulan. Petugas dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) akan datang ke rumah untuk mencatat angka meteran dan menghitung pemakaian air menggunakan alat Portable Data Terminal (PDT).

     
  2. Meteran Air Otomatis: Menggunakan alat Automatic Meter Reading (AMR) untuk menghitung pemakaian air secara otomatis. Data pemakaian air terkirim langsung ke PDAM tanpa perlu petugas datang ke rumah. Anda dapat mengakses data pemakaian air melalui aplikasi di ponsel untuk memantau konsumsi air.

     
  3. Meteran Air Digital: Memiliki layar yang menampilkan dua angka: angka besar (volume air) dan angka kecil (kecepatan aliran air). Cara membacanya cukup mudah, yaitu dengan mencatat kedua angka tersebut.

     

Tips Menghemat Penggunaan Air

Beberapa tips penting agar hemat air antara lain menutup keran air saat tidak digunakan, seperti saat menyikat gigi atau mencuci piring. Gunakan air secukupnya saat mandi atau mencuci pakaian. Selain itu, penting untuk memeriksa kebocoran air secara berkala dan segera memperbaikinya jika ditemukan. Pertimbangkan pula untuk menggunakan peralatan yang hemat air, seperti shower dengan kepala pancuran yang irit air dan mengumpulkan air hujan untuk menyiram tanaman atau mencuci mobilHemat air memberikan manfaat yang signifikan. Anda dapat mengurangi tagihan air, melestarikan sumber daya air yang semakin berkurang, mendukung kelestarian lingkungan, serta membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel