gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

6 Cara Pencegahan Agar Rumah Tidak Kemalingan

Wed Apr 26 2023

6 Cara Pencegahan Agar Rumah Tidak Kemalingan

Wed Apr 26 2023


Kemalingan atau pencurian rumah merupakan masalah yang sangat serius dan membuat pemilik rumah merasa khawatir dan tidak nyaman. Apalagi pada bulan-bulan yang rentan seperti saat bulan mudik ataupun saat libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Untuk mengurangi risiko kemalingan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa rumah tetap aman dan terlindungi. Berikut adalah beberapa tips dan langkah-langkah pencegahan untuk memastikan rumah Anda tidak kemalingan:

1. Instal Sistem Keamanan Hunian

Sistem keamanan seperti alarm, cctv, dan sistem penguncian pintu yang kuat sangat efektif sebagai cara agar rumah tidak kemalingan. Ini akan membuat pelaku pencurian merasa enggan untuk melakukan aksi jahat dan membuat rumah Anda terlihat lebih aman.

2. Pelihara Tanaman dan Pohon di Sekitar Hunian

Meskipun cara agar rumah tidak kemalingan ini terlihat sepele, memelihara tanaman dan pohon yang tumbuh di sekitar rumah dapat membantu menutupi pandangan dari jalan, sehingga membuat rumah Anda lebih terlindungi. Jangan membiarkan tanaman dan pohon tumbuh terlalu tinggi, karena ini akan membuat rumah Anda terlihat terbuka dan tidak terlindungi.

3. Tinggalkan Pesan pada Tetangga

Sebelum melakukan langkah ini, Anda tentu harus cermat memilih tetangga mana yang dapat Anda percaya. Jika sudah menemukan, berikan pesan pada tetangga yang Anda percayakan bahwa rumah Anda tidak kosong dan meminta mereka untuk memperhatikan rumah Anda selama Anda pergi. Jika mereka melihat ada tindakan yang tidak wajar, mereka bisa segera memberitahu polisi.

4. Buat Hunian Terlihat Selalu Ada Penghuninya

Jangan membiarkan rumah Anda terlihat kosong dan sepi selama berhari-hari. Ini akan menjadi tanda bagi pelaku pencurian untuk melakukan aksinya. Buatlah rumah Anda terlihat selalu ada dengan menyalakan lampu atau televisi secara bergantian. Untuk langkah ini, Anda dapat mempercayakannya kepada kerabat, tetangga, ataupun tetangga yang Anda percaya.

5. Hindari Memperlihatkan Barang-barang Berharga

Barang-barang berharga seperti laptop, telepon seluler, dan uang tunai sebaiknya disimpan di tempat yang aman dan tidak terlihat oleh orang asing khususnya dari bagian luar rumah. Jangan membiarkan barang-barang berharga terlihat dari luar rumah, karena ini akan menjadi tanda bagi pelaku pencurian untuk melakukan aksinya.

6. Kerjasama dengan Polisi

Kerjasama dengan polisi dapat menjadi langkah preventif pencegahan kemalingan. Biasanya, aparat polisi seringkali mensosialisasikan pelaporan preventif sebelum libur panjang pada hari raya lebaran ataupun libur tahun baru.


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel