gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mana yang Lebih Unggul: Beton Ready Mix atau Beton Site Mix

Wed Nov 15 2023

Mana yang Lebih Unggul: Beton Ready Mix atau Beton Site Mix

Wed Nov 15 2023


Dalam dunia konstruksi, pemilihan material merupakan salah satu keputusan krusial yang dapat mempengaruhi kualitas, efisiensi, dan biaya keseluruhan proyek. Beton, sebagai salah satu material utama, hadir dalam berbagai jenis, dengan Beton Ready Mix dan Beton Site Mix menjadi dua opsi utama yang sering diperhitungkan. 

Sebelum memulai proyek Anda, penting untuk memahami perbedaan, kelebihan, dan kekurangan dari kedua jenis beton ini sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek Anda.

Perbedaan Beton Ready Mix dan Site Mix

  • Beton Ready Mix

Beton ready mix adalah beton yang diproduksi dalam sebuah pabrik atau batching plant, sesuai dengan formula yang ditentukan, dan kemudian diangkut ke lokasi proyek menggunakan truk mixer beton khusus.

  • Beton Site Mix

Beton site mix adalah beton yang dicampur dan diolah langsung di lokasi proyek. Ini berarti semua bahan komponen beton, seperti semen, pasir, batu split, dan air, dibawa ke lokasi proyek dan dicampur di sana, baik dengan cara manual atau menggunakan mesin pencampur beton. 

beton ready mix.png

Kelebihan Beton Ready Mix

Ada beberapa keuntungan utama dari penggunaan beton ready mix:

  • Campuran beton sudah homogen sehingga menjamin mutu beton yang lebih baik. 
  • Kualitas dan konsistensi campurannya terjaga karena diproduksi dalam lingkungan terkontrol, sehingga mutu beton lebih terjamin. 
  • Setelah sampai di lokasi proyek, beton ini siap tuang tanpa memerlukan penambahan bahan atau proses lanjutan.
  • Beton ready mix menawarkan praktikalitas tinggi; begitu sampai di lokasi proyek, beton bisa langsung dituang tanpa perlu pengolahan tambahan. Ini menjadikannya pilihan favorit untuk proyek-proyek konstruksi skala besar.

Apakah Beton Ready Mix Ramah Lingkungan?

Beton ready mix dapat dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan metode pencampuran beton konvensional. Proses produksi beton ready mix seringkali dilakukan di pabrik dengan penggunaan energi yang lebih efisien dan lebih sedikit limbah. Selain itu, penggunaan bahan tambahan yang dapat mengurangi emisi karbon dan memperpanjang umur bangunan juga dapat memperkuat klaim keberlanjutan. Namun, perlu diperhatikan bahwa faktor-faktor seperti jarak pengiriman dan sumber bahan baku dapat memengaruhi dampak lingkungan secara keseluruhan.

Beton Site Mix untuk Proyek Skala Kecil

Meskipun beton ready mix memiliki berbagai kelebihan, beton site mix juga memiliki keunggulan, terutama untuk proyek skala kecil atau di daerah yang sulit dijangkau oleh truk ready mix. Beton site mix dengan bahan agregat seperti semen, batu split, dan pasir dapat dikirimkan secara terpisah ke lokasi proyek dan kemudian dicampur, baik dengan mesin atau secara manual.

Jadi, beton site mix memiliki fleksibilitas dalam pengaturan campuran dan volume, namun tantangannya adalah memastikan konsistensi dan kualitas campuran beton.

Pertimbangan dalam Penggunaan Beton Site Mix

Dalam penggunaan beton site mix, ada beberapa pertimbangan penting yang harus diperhatikan. Pelaksana proyek harus memastikan pembelian material seperti semen dan pasir batu sesuai kuantitas yang dibutuhkan. Hal ini tentunya menambah kompleksitas dalam pengelolaan material dan proses pembuatan adonan.

Sebagai kesimpulan, pemilihan antara beton ready mix atau site mix bergantung pada kebutuhan dan kondisi proyek. Namun, dengan kemudahan dan kualitas yang ditawarkan, beton ready mix semakin menjadi pilihan utama dalam industri konstruksi kontemporer.


Kamu Mungkin Suka

image

Perbaikan Cafe UD Bendino oleh Gravel

Kamis, 18 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

image

Kisaran Harga Besi Beton di Grand Depok City (GDC) 2024

Selasa, 16 April 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel