gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Memahami Resiko dan Menghindari Bahaya pada Penggunaan Atap Galvalum

Wed May 29 2024

Memahami Resiko dan Menghindari Bahaya pada Penggunaan Atap Galvalum

Wed May 29 2024


Atap galvalum atau dikenal sebagai atap baja ringan merupakan pilihan umum di Indonesia. Meski populer, penggunaannya tidak luput dari risiko tertentu. Apa saja bahayanya dan bagaimana cara mengatasinya? Mari simak pembahasan Gravel mengenai, Atap Galvalum.

Apa itu Atap Galvalum dan Potensi Bahayanya


Sebelum menjelajahi bahaya atap galvalum, penting untuk memahami keunggulannya. Atap ini memiliki bobot ringan namun kuat, menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Keunggulan lainnya termasuk ketahanan terhadap rayap, pemasangan yang mudah, dan ramah lingkungan karena dapat didaur ulang. Harga yang relatif terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, penggunaan atap ini juga menghadirkan risiko terkait sengatan arus listrik. Baja ringan pada atap galvalum merupakan konduktor listrik yang baik. Ketika terkena arus listrik, atap ini dapat membahayakan penghuni rumah.

Sejumlah kejadian tragis, seperti yang terjadi pada tahun 2020 dan 2019, menunjukkan dampak fatal sengatan arus listrik melalui atap galvalum. Kedua kejadian tersebut menelan korban jiwa akibat kontak dengan atap yang teraliri listrik.

Berdasarkan insiden-insiden tersebut, risiko serupa dapat terjadi pada penggunaan atap galvalum. Sengatan arus listrik melalui atap ini dapat mengakibatkan luka bakar atau bahkan kematian.

Tips untuk Menghindari Bahaya Atap Galvalum

Meskipun ada risiko, atap galvalum masih dapat digunakan dengan aman dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari bahaya atap galvalum:

  • Perhatikan Instalasi Listrik Rumah: Pastikan instalasi listrik rumah dalam kondisi baik. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas yang dapat menyebabkan arus bocor. Gunakan material instalasi listrik yang berkualitas.
  • Lakukan Instalasi Listrik dengan Aman: Lakukan instalasi listrik dengan hati-hati dan aman. Periksa kelayakan instalasi sebelum menyambungkan ke sumber listrik. Jika perlu, minta bantuan ahli untuk melakukan instalasi yang aman.
  • Matikan Listrik Saat Pemasangan Atap: Selalu matikan listrik saat melakukan pemasangan atau perbaikan atap galvalum. Ini akan mencegah terjadinya sengatan arus listrik atau korsleting yang membahayakan.
  • Percayakan Pemasangan pada Ahli: Untuk memastikan pemasangan yang aman, serahkan tugas pemasangan atap galvalum pada ahlinya. Pemasangan yang tepat akan mengurangi risiko kebocoran dan bahaya lainnya.

Dengan memperhatikan langkah-langkah ini, penggunaan atap galvalum dapat menjadi pilihan yang aman dan efisien untuk rumah Anda. Tetap waspada dan ikuti prosedur keselamatan yang tepat untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Apabila Anda memiliki rencana dalam memasang atap untuk rumah Anda, Gravel hadir dengan solusi tenaga kerja konstruksi yang berkualitas. Segera download dan pesan sekarang!


Kamu Mungkin Suka

image

Stone Coating: Solusi Pelapis Dinding Eksterior yang Tahan Lama dan Indah

Minggu, 21 Juli 2024

image

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Batu Andesit di Rumah Anda

Kamis, 18 Juli 2024

image

Bermain Lebih Asyik, Ini 5 Tips Merombak Ruang Main Anak

Kamis, 18 Juli 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlogVulnerability Disclosure Program

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel