gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pembangunan dan Arsitektur Gereja Palasari

Mon Dec 11 2023

Pembangunan dan Arsitektur Gereja Palasari

Mon Dec 11 2023


Sebagai salah satu bangunan tempat peribadatan yang ikonik, Gereja merupakan bangunan yang banyak ditemukan di sejumlah wilayah Indonesia. Tidak hanya bangunan-bangunan lama, bangunan Gereja baru juga kini mudah ditemukan dikarenakan kebhinekaan Indonesia yang mengakomodasi tiap umat beragama. Meskipun tidak sebanyak tempat peribadatan yang lain, berdasarkan data pemerintah RI, kini sudah ada sekitar puluhan ribu bangunan Gereja yang beroperasi di Indonesia.

arsitektur-gereja-palasari.jpeg

Dimana Lokasi Gereja Palasari Berada?

Gereja Palasari diketahui berlokasi di Jembrana, Bali. Adapun alamatnya sendiri berlokasi di Jalan Dusun Palasari, Ekasari, Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Jika diurut rutenya, Gereja di Jembrana ini hanya berjarak kurang lebih 20 km atau sekitar 30 menit dari pusat Kabupaten Jembrana. Gereja ini diketahui sangat mudah untuk ditemukan karena berlokasi strategis dekat pusat keramaian / berlokasi di dekat jalan raya utama wilayah tersebut.

Pembangunan Gereja Palasari

Bicara kapan dan siapa yang membangun Gereja Palasari atau yang dikenal dengan Gereja Hati Kudus Yesus, pembangunan Gereja ini dimulai secara permanen pada tahun 1955 dengan perancangan oleh arsitek berkebangsaan Belanda, yaitu Bruger Ign. AMD Vrieze, SVD. Gereja ini kemudian diresmikan oleh Mgr. Albers, O.carm, seorang uskup dari Malang pada tahun 1958.

Dalam segi arsitektur, Gereja Hati Kudus Yesus memancarkan megah dan kokoh, dengan dinding tebal berplester dan cat berwarna putih.  Arsitektur gereja ini mencampur gaya arsitektur Belanda dengan elemen-elemen tradisional. Gaya arsitektur Belanda atau Eropa sering disebut sebagai gaya Gothic atau Vertikalisme, sedangkan elemen-elemen tradisional Bali dapat ditemui di beberapa bagian, terutama dalam elemen arsitektur yang terkait dengan agama Hindu.

Pembagian zona dalam areal gereja juga mencerminkan pengaruh arsitektur tradisional Bali, dengan tiga zona yang terdefinisi dengan jelas. Halaman depan mewakili zona depan nista mandala (jaba sisi), halaman tengah adalah zona tengah madya mandala (jaba tengah), dan gereja itu sendiri adalah zona utama utama mandala (jeroan).

Spesifikasi Gereja Palasari

Secara keseluruhan, adapun kompleks bangunan Gereja Palasari memiliki area yang cukup sangat luas yang terdiri dari bangunan Gereja dan sejumlah area terbuka yang fungsional. Terdapat pula kompleks pemakaman uskup agung pada gereja tersebut. Khusus untuk bangunan, luasan gereja Palasari Jembrana ini memiliki dimensi panjang 31 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 33 meter.

Informasi Misa Natal 2023 di Gereja Palasari

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya, Gereja Palasari diketahui menjadi salah satu tempat populer untuk perayaan misa Natal di Jembrana yang diselenggarakan tahunan seperti tahun 2023 ini.


Kamu Mungkin Suka

image

Temukan di Sini Estimasi Biaya Plester Dinding Terbaru 2024

Selasa, 28 Mei 2024

image

Panduan Lengkap Cara Plester Lantai untuk Hasil yang Rata dan Kuat!

Selasa, 28 Mei 2024

image

Jangan Khawatir! Begini Cara Menyumbat Keran Air Patah

Selasa, 28 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel