gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Pembangunan dan Spesifikasi Gereja Ganjuran

Wed Oct 04 2023

Pembangunan dan Spesifikasi Gereja Ganjuran

Wed Oct 04 2023


Sebagai salah satu bangunan tempat peribadatan yang ikonik, Gereja merupakan bangunan yang banyak ditemukan di sejumlah wilayah Indonesia. Tidak hanya bangunan-bangunan lama, bangunan Gereja baru juga kini mudah ditemukan dikarenakan kebhinekaan Indonesia yang mengakomodasi tiap umat beragama. Meskipun tidak sebanyak tempat peribadatan yang lain, berdasarkan data pemerintah RI, kini sudah ada sekitar puluhan ribu bangunan Gereja yang beroperasi di Indonesia.

Arsitektur Bangunan Gereja Ganjuran

Dimana Lokasi Gereja Ganjuran Berada?

Gereja Ganjuran atau disebut juga Gereja Hati Kudus Yesus (Gereja HKY) diketahui berlokasi di Bantul, DIY. Adapun alamatnya sendiri berlokasi di Jl. Ganjuran, Jogodayoh, Sumbermulyo, Kec. Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika diurut rutenya, Gereja di Bantul ini hanya berjarak kurang dari 7.5 km atau sekitar 15 menit dari pusat Kabupaten Bantul. Gereja ini diketahui sangat mudah untuk ditemukan karena berlokasi strategis dekat pusat keramaian / berlokasi di dekat jalan raya utama wilayah tersebut.

Pembangunan Gereja Ganjuran

Bicara siapa yang membangun Gereja Ganjuran, Gereja Ganjuran dibangun tepatnya 16 April 1924 oleh keluarga Schmutzer, keluarga saudagar pabrik Gula pada daerah Bantul saat itu. Sekalipun sempat direnovasi akibat gempa bumi Bantul beberapa tahun silam, arsitektur gereja ini tergolong masih serupa dimana menggabungkan unsur arsitektur barat dengan gaya arsitektur khas keraton Yogyakarta. Akulturasi gaya arsitektur ini diwujudkan baik dari sisi eksterior maupun interiornya. Di sisi eksterior bagian atap dari gereja ganjuran menggunakan gaya pendopo, begitu pula bagian interior langit-langitnya yang mengadaptasi pola langit-langit rumah joglo lambangsari. Dimana dipadukan dengan struktur dinding bergaya arsitektur barat.

Spesifikasi Gereja Ganjuran

Secara keseluruhan, adapun kompleks bangunan Gereja Ganjuran memiliki area yang cukup sangat luas yang terdiri dari bangunan Gereja dan sejumlah area terbuka yang fungsional. 

Selayaknya tahun-tahun sebelumnya, Gereja Ganjuran diketahui menjadi salah satu tempat populer untuk perayaan misa Natal di Bantul yang diselenggarakan tahunan seperti tahun 2023 ini.


 


Kamu Mungkin Suka

image

Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah: Mengungkap Rahasianya!

28 November 2023

image

Jenis Pasir & Fungsinya untuk Konstruksi

27 November 2023

image

Apakah Bahaya Pasang Teralis Jendela?

27 November 2023

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 831 1468 0068
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2023 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel