gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Volatile Organic Compound: Apa Bahayanya?

Sat Nov 25 2023

Volatile Organic Compound: Apa Bahayanya?

Sat Nov 25 2023


Pernah mencium bau cat atau thinner yang kuat? Beberapa dari kita mungkin malah senang sama baunya, tapi ternyata bahaya lho. Bau ini datang dari sebuah senyawa organik yang bernama volatile organic compound (VOC).

Apa itu Volatile Organic Compound (VOC)?

Volatile Organic Compound (VOC), atau senyawa organik yang mudah menguap ini adalah bahan kimia yang banyak ditemui di berbagai material bangunan, terutama jenis cat, thinner dan solvent. VOC ini sangat mudah menguap pada suhu ruangan, dan partikelnya bisa melayang di udara dalam waktu lama.

Dari Mana Datangnya Volatile Organic Compound?

VOC ini banyak ditemui di dalam cat sebagai bahan pelarut dan supaya cat mudah kering ketika diaplikasikan di dinding. VOC inilah yang menghasilkan bau cat yang cukup menyengat. Ketika cat mulai mengering, VOC akan menguap ke udara dan bisa terhirup oleh kita.

Bahaya dari VOC?

VOC bisa mengiritasi saluran pernapasan jika terhirup dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu lama. Molekulnya juga bisa masuk ke dalam aliran darah, ini sebabnya kandungan VOC berbahaya buat ibu hamil dan juga bisa memicu kanker.

Cara Menghilangkan Volatile Organic Compound (VOC)?

Senyawa VOC ini paling tinggi konsentrasinya di dalam ruangan. Karena sifatnya yang mudah menguap, ventilasi adalah kuncinya! Usahakan untuk membuka jendela dan pintu lebar-lebar saat mengecat supaya bau cat cepat hilang. Setelah cat mengering, jangan langsung tempati ruangan saat masih tercium bau cat, atau hingga seminggu setelah pengecatan.


Sebisa mungkin, gunakan jenis cat yang memiliki kadar VOC yang rendah. Hindari juga penggunaan cat semprot karena butiran catnya yang kecil mudah tersebar di udara dan meningkatkan resiko paparan VOC.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel