gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Ruang Servis: Dimana Penempatannya?

Mon Dec 11 2023

Ruang Servis: Dimana Penempatannya?

Mon Dec 11 2023


Memiliki ruang servis di rumah adalah kunci dalam mengorganisir aktivitas domestik atau pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Ruang ini sering kali dianggap sebagai area tambahan, padahal sebenarnya memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dalam aktivitas domestik. Dalam artikel ini, kita mengupas bagaimana penempatan ruang servis yang tidak hanya praktis tapi juga estetis, memastikan setiap sudut ruangan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Dari pengaturan alat kebersihan hingga penyimpanannya, kita akan membahas berbagai strategi untuk mengubah ruang servis menjadi area multifungsi yang mendukung berbagai kebutuhan rumah tangga, membuat pekerjaan domestik menjadi lebih teratur dan menyenangkan.

Apa itu Ruang Servis?

Ruang servis adalah area di dalam rumah atau tempat umum yang dirancang untuk menyediakan layanan dan memfasilitasi berbagai kegiatan domestik atau pekerjaan rumah tangga, seperti cuci, jemur, dan gosok pakaian. Selain itu, fungsinya juga mencakup penyimpanan peralatan pembersihan, tempat mencuci pakaian, dan biasanya terhubung dengan dapur.

Ruang servis membantu menjaga kebersihan dan keteraturan rumah dengan menyediakan tempat untuk pekerjaan rumah tangga. Ini juga dapat menjadi tempat untuk menyimpan persediaan dan peralatan kebersihan, sehingga memudahkan akses dan penggunaan.

Ruang servis yang dirancang dengan baik akan memberikan manfaat maksimal dalam kegiatan sehari-hari. Berikut adalah beberapa rekomendasi penempatan ruang servis di rumah Anda:

  • Menjadi Satu dengan Dapur

Biasanya menggabungkan ruang servis dengan dapur merupakan solusi untuk yang punya lahan terbatas. Mesin cuci dan area setrika bisa diletakkan di bawah kabinet dapur untuk menghemat ruang. Umumnya peletakkan ruang servis yang menyatu dengan dapur ini diterapkan di apartemen, namun sekarang sudah banyak rumah-rumah yang menerapkan ini untuk penghematan lahan dan supaya sistem plumbingnya bisa disatukan.

  • Dekat dengan Ruang Terbuka

Bukan cuma kamar mandi aja yang rentan lembab, tapi area servis juga! Dinding pada area servis ini rentan untuk berjamur karena erat kaitannya dengan air. Makanya di area servis ini butuh ventilasi supaya sirkulasi udara lancar. Dengan menempatkan area servis dekat dengan ruang terbuka, diharapkan bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik, dan mendapat paparan sinar matahari.

  • Punya Area Tersendiri

Seringkali kita dapati rumah yang menggabungkan area servis dengan area lainnya. Namun sebenarnya akan lebih baik jika memiliki satu area khusus untuk kegiatan mencuci dan bebersih rumah jika memiliki lahan yang memadai, supaya rumah gak terlihat berantakan dan pakaian yang kita jemur gak sampai keliatan sama tetangga.

  • Di Dalam Lemari atau Sekat

Jika ingin area rumah sangat terbatas, ruang servis dapat dibuat portabel dalam bentuk lemari atau sekat. Pembuatannya bisa custom dan compact sehingga tidak mengambil ruangan khusus dan tidak mengganggu pemandangan. Anda bisa menyiasatinya dengan ‘memasukkan ruang servis’ ke dalam lemari, mulai dari mesin cuci, perabotan cuci seperti sabun, meja setrika, dan peralatan lainnya di sini. Rumah-rumah di luar negeri sudah banyak yang menerapkan ini, tertarik mencoba?


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel