gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Mengenal Ring Balk dan Pentingnya dalam Konstruksi Bangunan

Thu Feb 22 2024

Mengenal Ring Balk dan Pentingnya dalam Konstruksi Bangunan

Thu Feb 22 2024


Gravel-Borongan_Website-Banner-1140x380px_1-3.png

Selain kolom, balok, sloof, dan pondasi, struktur sebuah bangunan tembokan harus ada ring balk. Nah apa itu yang dimaksud dengan ring balk, fungsi, dan spesifikasinya? Mari kita simak bersama !

Website-Banner_Gravel-Material_Campaign_1140x380_2.png

Apa itu Ring Balk

Ring balk adalah bagian dari struktur sebuah bangunan yang berbentuk seperti balok di atas dinding bata. Kalau sloof ini letaknya di bawah dekat pondasi dan sebagai dudukan dinding bata, bagian atasnya diikat oleh ring balk ini. Ring balk ini pula menjadi bagian yang dijadikan dudukan rangka atap. 

banner-maintenance copy.png

Melalui ring balk ini, beban struktur atap dapat tersalurkan secara merata ke bagian kolom, dimana akan diteruskan ke pondasi dan ke tanah. Ring balk juga mengikat struktur di bawahnya seperti kolom-kolom serta balok, sehingga keseluruhan struktur bangunan menjadi lebih kaku dan kokoh!

banner-pesan-tukang copy.png

Spesifikasi Ring Balk

Ring Balk ini ukurannya sama seperti sloof, biasanya 15x15cm, dan menggunakan tulangan d10 dan begel/sengkang d8 dengan jarak 15cm. Pemasangan ring balk maksimum 4 meter dari sloof, idealnya 3 m - 3,5 m, sebagai titik akhir struktur tengah sebelum struktur atap. Jadi, letak ring balk ini berada persis di bawah atap.

Fungsi Ring Balk

Fungsi ring balk dalam konstruksi bangunan adalah sebagai berikut:

  • Menopang beban struktur: Ring balk berfungsi untuk menopang beban dari bagian atas bangunan, seperti atap, dinding, dan lantai, dan mendistribusikannya ke struktur yang lebih dalam, seperti kolom atau pondasi.
  • Menjaga kestabilan struktur: Ring balk dapat digunakan sebagai elemen pengikat untuk menjaga kestabilan struktur. Ini terutama penting dalam konstruksi bangunan tinggi, di mana kekuatan angin dapat menyebabkan getaran dan getaran pada struktur.
  • Menambah kekuatan struktur: Dalam beberapa kasus, ring balk dapat digunakan untuk menambah kekuatan struktur dan memperpanjang umur bangunan. Ini terutama penting dalam bangunan yang akan menerima beban tambahan di masa depan, seperti renovasi atau perluasan.
  • Memberikan dukungan pada elemen atap: Ring balk juga dapat digunakan untuk memberikan dukungan pada elemen atap seperti genteng atau bahan atap lainnya. Hal ini dapat membantu menghindari kerusakan pada atap dan memperpanjang masa pakai atap.
  • Memudahkan instalasi elemen atap: Ring balk juga dapat membantu memudahkan instalasi elemen atap, karena dapat digunakan sebagai titik referensi dan pengukuran yang akurat. Hal ini terutama penting dalam instalasi atap yang rumit atau dengan bentuk yang tidak teratur.

Jenis-Jenis Ring Balk 

  • Ring balk sederhana membentuk cincin mengelilingi bangunan, berfungsi mendistribusikan beban dari atap atau struktur di atasnya ke tiang-tiang atau kolom penyangga sekitarnya, mencegah konsentrasi beban pada satu titik.
  • Ring balk kantilever terdiri dari satu atau beberapa balok yang melebar keluar dari ujung bangunan, memberikan dukungan tambahan pada ujung bangunan dan membantu mendistribusikan beban atap datar atau atap pelana dengan efisien.
  • Ring balk teritisan, variasi dari ring balk sederhana, membentuk cincin memanjang hingga melalui kolom tumpuan, menggunakan beberapa balok untuk mendistribusikan beban secara merata dan efisien.
  • Ring balk ujung tetap didesain dengan dua titik penyangga kuat, memberikan kestabilan pada struktur bangunan dan mampu menahan momen lentur, cocok untuk bangunan kompleks atau besar dengan beban signifikan atau struktur atap yang rumit.


 


Kamu Mungkin Suka

image

Perumahan Gresik Kota Baru: Hunian Modern dengan Banyak Keunggulan

Jumat, 31 Mei 2024

image

Pelajari Gravel Protect Terbaru, Bikin Kerja Aman & Hati Tenang!

Sabtu, 1 Juni 2024

image

Pembangunan Spring Valley Sentul city oleh Gravel

Rabu, 29 Mei 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel