gravel indonesia logo
playstore
apple
playstore
apple

Hempcrete: Kontroversi Ganja buat Bahan Bangunan. Emang Boleh di Indonesia?

Thu Feb 09 2023

Hempcrete: Kontroversi Ganja buat Bahan Bangunan. Emang Boleh di Indonesia?

Thu Feb 09 2023


Meskipun seringkali menjadi kontroversi dan polemik di beberapa negara tidak terkecuali di Indonesia, dewasa ini tanaman ganja banyak digunakan untuk berbagai kepentingan. Pemanfaatan tanaman ganja ini tentu hanya bisa dilakukan ketika sebuah negara telah mengaplikasikan legalisasi tanaman ganja. Jika biasanya dalih penggunaanya berada di sektor medis, saat ini tanaman ganja diketahui juga dimanfaatkan dalam beberapa sektor. Sektor konstruksi misalnya. Lalu, apa hubungannya tanaman ganja dengan konstruksi? 

Inovasi pemanfaatan tanaman ganja dalam konstruksi diketahui telah lama diaplikasikan oleh Prancis dan Kanada melalui sebuah produk bernama Hempcrete. Praktik penggunaan produk hempcrete sendiri diketahui mulai digunakan sejak awal tahun 1990-an. Lantas, apa itu hempcrete?

Apa itu Hempcrete?

Hempcrete adalah material konstruksi yang terbuat dari serat tanaman tanaman ganja/rami yang dicampur dengan kapur yang kemudian dipadatkan dan dibentuk seperti batu bata atau bata ringan.

Dimensi Ukuran Hempcrete

Sejak dikembangkan hingga saat ini, hempcrete atau hemp block hanya memiliki ukuran singular, yakni 60 cm x 30 cm. Perbedaan dari dimensi ukuran hempcrete sendiri terdapat pada ketebalan dari block tersebut. Ketebalan hempcrete diketahui bervariasi yakni 6 cm hingga 30 cm.

Bahan Baku Hempcrete

Tanaman ganja yang dipakai untuk membuat hempcrete ini bukanlah tanaman ganja biasa yang kita ketahui, melainkan tanaman ganja olahan industri. Tanaman ganja ini memiliki nama lain hemp yang tidak mengandung zat adiktif, sehingga aman untuk diaplikasikan pada bangunan. Biasanya hempcrete ini dipakai di negara-negara yang memang melegalkan tanaman ini.

Apa Alasan Pemakaian Hempcrete sebagai Material Bangunan?

  • Zero Carbon, Ramah Lingkungan

Hempcrete ini dianggap ramah lingkungan karena terbentuk dari material yang terbilang organik, sehingga dipercaya mengeluarkan emisi karbon yang sangat minim.

  • Insulasi yang Baik

Memiliki sifat bisa menahan panas dengan baik, hempcrete ini dipercaya sebagai material dengan sifat insulasi yang baik.

  • Ringan dan Tahan Api

Selain itu, hempcrete juga tergolong material dengan bobot yang ringan dan tahan api. Bukan hanya itu, hama dan api pun juga bisa ditangani dengan baik oleh hempcrete!

  • Memiliki Kuat Tekan yang Rendah

Nah ini dia kekurangan hempcrete, dia punya kuat tekan yang rendah. Jadi gak bisa menahan beban yang berat, harus ditopang lagi dengan rangka yang bisa bikin dia kuat berdiri tegak.

Baca Juga: Apa itu Kawat Bronjong dan Fungsinya dalam Konstruksi Bangunan

Hempcrete di Indonesia

Bicara tentang produksi dan penggunaan hempcrete di Indonesia tentu dilarang. Hal ini berlandaskan aturan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 yang melarang peredaran tanaman ganja dengan apapun fungsinya.


Kamu Mungkin Suka

image

Kisaran Harga Batu Bata di Babelan 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Alam Sutera 2024

23 Februari 2024

image

Kisaran Harga Batu Bata di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2024

23 Februari 2024

Lihat Semua

Layanan Konsumen

WhatsApp: +62 851 7959 5026
Telepon: (021) 50265050

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp Ditjen PKTN: +62 853 1111 1010

Perusahaan

KarirBlog

Media Sosial

instagram graveltwitter gravelyoutube gravellinkedin gravel

© 2024 PT Gravel Teknologi Indonesia

Hubungi Gravel